Langsung ke konten utama

Kegiatan Ekonomi

Miichan lagi mengerjakan PR (lagi) dan tiba-tiba terbesit di benak Miichan untuk berbagi catatan mapel IPS Miichan : "Ekonomi"

Well, Miichan rasa basa-basi seperti ini juga banyak yang males baca :d Ya sudah, langsung saja, ya ^^

KEGIATAN EKONOMI
Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang atau jasa.

Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos (keluarga / rumah tangga) dan nomos (peraturan / aturan / hukum). Sehingga ekonomi dapat diartikan "aturan rumah tangga / manajemen rumah tangga"

Sementara ahli ekonomi / ekonom adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Kegiatan ekonomi terbagi menjadi 5, yaitu tindakan ekonomi, motif ekonomi, prinsip ekonomi, peristiwa ekonomi, dan hukum ekonomi. Di mana 3 yang pertama adalah pedoman hidup.
(kata guru IPS Miichan, Bu Par, jika hidup tanpa 3 poin yang merupakan pedoman hidup itu sama saja dengan "tidak usah hidup" LOL :v)



  • Tindakan Ekonomi
Tindakan ekonomi adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang terbaik dan termenguntungkan. Contohnya Ibu memasak dengan kayu bakar karena harga minyak tanah sangat mahal.

Tindakan ekonomi terdiri dari 2 aspek, yaitu tindakan ekonomi rasional dan tindakan ekonomi irrasional. Tindakan ekonomi rasional adalah tindakan ekonomi yang dilandasi oleh pilihan termenguntungkan dan berkenyataan demikian, sedangkan tindakan ekonomi irrasional adalah tindakan ekonomi yang dilandasi oleh pilihan termenguntungkan dan berkenyataan tidak demikian.

  • Motif Ekonomi
Motif ekonomi adalah alasan atau tujuan seseorang melakukan tindakan ekonomi.

Motif ekonomi terbagi menjadi 2 aspek, yaitu motif intrinsik dan motif ekstrinsik. Motif intrinsik adalah alasan untuk melakukan tindakan ekonomi yang pada dasarnya atas kemauan diri sendiri. Sedangkan motif ekstrinsik atas dorongan orang lain.

Pada prakteknya, terdapat beberapa macam motif:
> Motif memenuhi kebutuhan
> Motif memperoleh keuntungan
> Motif memperoleh penghargaan
> Motif memperoleh kekuasaan
> Motif sosial / menolong sesama

  • Prinsip Ekonomi
Prinsip ekonomi adalah pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang di dalamnya terkandung asas dengan perngorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal.

Pengorbanan yang dimaksud bisa saja pengorbanan seminimalnya untuk hasil tertentu, atau malah pengorbanan tertentu untuk hasil maksimal.

  • Peristiwa Ekonomi
Peristiwa ekonomi adalah peristiwa yang menggambarkan kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan aspek-aspek ekonomi.

Ciri utama dari kegiatan ekonomi adalah adanya produksi atau pertukaran hasil produksi dalam bentuk jual beli.

  • Hukum Ekonomi
Hukum ekonomi adalah suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat.

Hukum ekonomi terbagi menjadi 2, yaitu hukum ekonomi pembangunan dan hukum ekonomi sosial. Hukum ekonomi pembangunan adalah seluruh peraturan / pemikiran hukum mengenai cara-cara peningkatan dan pengembangan kehidupan ekonomi. Sedangkan hukum ekonomi sosial adalah mengenai cara-cara pembagian hasil ekonomi secara adil dan merata, sesuai hak asasi manusia.

Contoh hukum ekonomi antara lain:
  1. Jika harga sembako naik, maka harga barang lain biasanya ikut merambat naik.
  2. Jika di suatu lokasi berdiri sebuah hipermarket besar dengan harga murah, toko kecil di sekitarnya pasti akan gulung tikar.
  3. Jika nilai kurs dollar Amerika naik tajam, maka banyak perusahaan bermodal pinjaman dari luar negeri yang akan bangkrut.
  4. Jika harga LPG turun, jumlah penjualan kompor gas akan naik.
  5. Jika bunga bank untuk tabungan semakin tinggi, maka jumlah uang yang beredar akan semakin turun dan terjadi penurunan jumlah barang dan jasa secara umum.

A/N :
Yap, semoga bermanfaat dan membantu bagi kalian, ya. Dulu ini Miichan catat setelah menjelajah dari berbagai sumber, tapi tidak Miichan catat di buku Miichan. Jadi mohon maaf dan terima kasih kepada para sumber yang tidak bisa Miichan tulis di sini. Dan maaf untuk typo yang ada karena Miichan menulis semuanya dari buku catatan Miichan (menyalin ulang), bukan dicopy paste

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
Luas wilayahnya 44.580.000 km²Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%Benua terbesar dengan populasi terpadat Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Model Sel Tumbuhan

Minggu lalu, Miichan bersama teman-teman sekelompok Miichan (Ina, Anneechan, Deannova), kumpul untuk membuat model sel ini dan hari Jum'at kemarin dikumpulkan ^^ Ini dia..



Sayangnya Miichan nggak ada di foto karena Miichan lagi sakit, jadi nggak masuk sekolah T_T
Ini keterangan dari model sel tumbuhannya : Bola hijau adalah model dari nukleolus dan bintik pinknya adalah model dari nukles (bagian dari nukleolus)Tali-tali biru di dekat bola hijau yang ada pink-pinknya adalah retikulum, sedangkan tali-tali merah di dekatnya di sebelah kanan (yang numpuk), itu adalah retikulum endoplasma halusTali gepeng merah bersama mangkok (?)dan bola-bola merah yang di dekat tali-tali biru adalah badan golgiSterofom biru di tengah-tengah adala vakuolaLingkaran gepeng kuning yang di tengahnya ada liukan gepeng jingga di bagian tengah adalah mitokandriaTiga lingkaran hijau dengan bulat-bulat kuning adalah kloroplasSterofom bagian samping yang berdiri tegak menjadi penutup model itu adalah dinding se…

Lirik Lagu "Si Patokaan" dan Maknanya

Minna, konbanwa!

Di kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan lirik lagu daerah dari Sulawesi Utara, yaitu "Si Patokaan". Dan pastinya nggak akan srek kalau belum dilengkapi makna dari liriknya. Oke, langsung saja! :D

~ SI PATOKAAN ~ Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang
Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang
Lagu ini memiliki pola penuturan pantun. Sementara maknanya sendiri adalah ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang Ibu pada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki. Perasaan khawatir ini erat kaitannya dengan sebab "sang anak hendak merantau". Jika dilihat lebih dalam, lirik lagu ini secara utuh mengandung doa dan motivasi. Oh ya, Si Patokaan sendiri berarti orang-orang yang termasuk dalam wilayah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Tet…