Langsung ke konten utama

when i rummaged for a certification

Belajar Angka dalam Bahasa Jepang

Tanpa sadar nyaris pukul dua pagi, tapi seperti yang Mas Syarif bilang, "Mimpi itu bukan yang muncul pas kita tidur, tapi justru yang bikin kita rela buat gak tidur!"

Sebenarnya aku gak merasa sedang memperjuangkan satu mimpi khusus, sih, emang kebablasan aja belajar bahasa Jepang pakai aplikasi Kanji Study sambil rebahan, nunggu ngantuk. Tapi belajar kanji yang basic dari aplikasi ini entah gimana mempertemukan aku ke banyak istilah atau idiom bahasa Jepang yang pakai angka! Karena menarik, aku bela-belain download aplikasi Blogger di handphone karena istilah-istilahnya mau aku taruh di sini ˙˚ଘo(∗ ❛ั ᵕ ❛ั )੭່˙

1も2も無く • いちもにもなく • ichi mo ni mo naku
Kalau secara harfiah, artinya tanpa satu atau dua, tapi secara istilah, artinya bisa segera (immediately), atau tanpa berpikir panjang. Contohnya:
• 「火事だ!」という声を聞いて、一も二もなく飛び出した 
• `kaji da!' to iu koe o kiite, ichi mo ni mo naku tobidashita
• ketika mendengar teriakan "api!", saya berlari keluar tanpa berpikir panjang.

1から10まで • いちからじゅうまで • ichi kara juu made
Lagi-lagi, secara harfiah, artinya dari satu sampai sepuluh. Tapi, secara istilah, ekspresi ini bisa diartikan tanpa kecuali! Di aplikasi Study Kanji, kalimat 1から10までうるさい (ichi kara juu made urusai) diartikan I don't need all those details, dan ada juga contoh kalimat berikut:
• あの人の命令に一から十まで服従する訳にはいかない
• ano hito no meirei ni ichi kara juu made fukujuu suru wake ni wa ikanai
I cannot obey him in everything (in every single thing he says)
Contoh ungkapan lainnya:
一から十まで言わないとわからないの?
ichi kara juu made iwanai to wakaranai no?
• kalau gak aku sebutin satu-satu (spell out every little thing), kamu gak akan ngerti, ya?

1を聞いて10を知る • いちをきいてじゅうをしる •  ichi o kiite juu o shiru
Kalau ini, secara harfiah artinya mendengar satu, mengetahui sepuluh. Sebenarnya udah kerasa "idiom"nya sih, ya. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan orang yang bijak atau pintar banget. Padanannya dalam bahasa Inggris, mungkin "one word is enough to the wise". Penggunaannya juga dipakai dalam bahasa Jepang modernーkalau dari yang aku baca di HiNativeーcontohnya「息子にアイパッドの使い方を教えたら、新しいアプリで色んな外国語を勉強してた!最近の子供は賢いね、機器を使うと ”1を聞いて10を知る”、だね」yang artinya "I taught my son how to use iPad, then I found him learning new languages with new Apps! These kids are so smart, they learn 10 from 1 with these gadgets.” 

1か8か • いちかばちか • ichi ka bachi ka
Yang ini ada banyak sinonimnya dalam bahasa Inggris, misal all or nothing, sink or swim, hit or miss. Menariknya, istilah ichi ka bachi ka ini banyak diulas di artikel bahasa Jepang, terutama dengan pertanyaan "kenapa angka 1 dan 8?" Kenapa bukan 2 dan 9, misal. Lengkapnya, bisa dilihat di salah satu artikel yang ngebahas itu, sampai ngebahas sejarahnya di Zaman Edo-lah. Tapi salah satu alasannya adalah karena pelafalan hukuman (罰) dalam bahasa Jepang cukup mirip sama bahasa Jepang-nya delapan. Makanya jadilah ichi ka? bachi ka? yatte miyou (ayo kita lihat) yang katanya digunakan dalam situasi mencoba sesuatu yang tidak tahu apakah akan berhasil atau tidak.

瓜2つ • うりふたつ • uri futatsu
Uri yang dipakai di istilah itu artinya melon, sementara futatsu artinya kurang lebih dua buah. By the way buah yang dimaksud maksudnya unit, ya, bukan fruit. Kalau arti yang paling dekat di bahasa Indonesia, sih, bagai pinang dibelah dua, karena uri futatsu maknanya ada yang begitu mirip dalam penampilan, bentuk, dan lain-lain, bahkan sampai gak bisa dibedakan. Contoh kalimatnya:
• 私と兄は、外見は全く似ていないが、性格は瓜二つだとよく言われる
• watashi to ani wa, gaiken wa mattaku nite inaiga, seikaku wa uri futatsu da to yoku iwa reru
• sering dikatakan bahwa saya dan saudara laki-laki saya tidak terlihat persis sama dalam penampilan, tetapi kepribadian kami mirip satu sama lain.

お8つ • おやつ • oyatsu
Sebenarnya harusnya ditulis お八つ, pakai kanji untuk angka 8, bukan angka 8 itu sendiri. Oyatsu sendiri merujuk ke snack yang biasa dimakan jam 3 sore. Nah lho, kenapa justru jam 3? Jadi, lagi-lagi main dengan sejarah, setelah baca di sini, ternyata di Zaman Edo makan cuma dilakukan dua kaliーpagi dan malam, makanya snack-nya jadi jam 8 malam; beda dengan sekarang yang biasanya makan tiga kali, dan snack dimakan sore, misal di jam 3.

99 • くく • kuku
Lagi-lagi, harusnya ditulis 九九, pakai kanji untuk angka 9, yang merujuk ke tabel perkalian, dan ... main dengan sejarah lagi, kali ini ke Zaman Heian :) Sebenarnya aku juga gak terlalu paham, jadi yang mau baca, bisa di sini. Contoh penggunaan istilahnya:
九九を暗記する 
kuku o anki suru
• aku menghafal tabel perkalian

39 • サンキュー • sankyuu
Karena angka 3 dalam bahasa Jepang adalah san, dan 9 kyuu, ucapan terima kasih versi slang bisa memakai 39 (sankyuu) yang pengucapannya mirip thank you.

Sekalian sebagai penutup, 39 udah membaca postingan yang ditulis di jam 2~3.30 AM ini! (笑)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[INFO] Baca Detective Conan Online Berbahasa Indonesia di mana ya?

Holaa~ Miichan balik lagi~ Kali ini, Miichan mau kasih info tentang dimana kita bisa baca komik Detective Conan Indonesia online. Mungkin sudah banyak yang tahu dan ini udah umum banget. Tapi nggak ada salahnya Miichan post. Berikut adalah 3 situs yang Miichan rekomendasikan. Pertama, di  mangacanblog.com . Di sini bukan cuma Detective Conan. Masih banyak lagi manga yang ada di sini yang dapat kita baca online. Ini adalah situs manga online yang pertama kali Miichan tahu dan pertama kali Miichan buka. Ke dua , di  komikid.com . Di sini juga cuma bukan Detective Conan, tetapi bercampur dengan yang lain. Di ke dua situs ini cukup lengkap dan chapter nya selalu diperbarui jika sudah terbit ^^ Bagi penggemar manga  yang tidak hanya suka sama Conan, mungkin lebih cocok sama dua situs di atas karena bercampur dengan manga  yang lain, juga chapter nya selalu diperbarui. Tapi bagi yang suka manga Detective Conan saja seperti Miichan, Miichan lebih suka ke  conanianscanlation.blogspot.

All About SHINICHI KUDO - Tokoh-Tokoh di Detective Conan

Ohayou   minna!!   Ketemu lagi dengan Miichan :3 Akhir-akhir ini Miichan semangat ngeblog  niih, hehe.. Di post " Belajar Bahasa Jepang bersama Miyoko ", Miichan kan pernah nyantumin bahwa Miichan suka Detective Conan, hehe.. Nah, Miichan berniat mau bikin post  demi post  tentang DC dengan lengkap :D Tokorode , di post  ini Miichan mau bahas tentang SHINICHI KUDO . ~ SHINICHI KUDO Nama Jepang : 工藤 新一  Kudō Shin'ichi Nama Inggris : Jimmy Kudo Umur : 16 - 17 tahun Tinggi / Berat : 174 cm / Tidak diketahui Tanggal lahir : 4 Mei Orangtua : Kudo Yusaku & Kudo Yukiko Profesi : Siswa SMU Teitan // Detektif Muncul pertama kali di file  1 dan episode 1 Menjadi keyhole  volume 1 dan 62 Shinichi adalah tokoh protagonis utama di Detective Conan tetapi dalam wujud Conan (meski sekali-kali muncul sebagai wujud asli). Shinichi adalah anak kelas 2 SMU Teitan. Ia terkenal karena sering membantu kepolisian Tokyo. Ia lahir dari pasangan Yusaku Kudo, seorang penulis

RSP - Sakura ~Anata ni Deaete Yokatta~ (Lirik + Terjemahan)

SAKURA ~ANATA NI DEAETE YOKATTA~ Sakura ~Syukurlah Aku Bertemu Denganmu~