Langsung ke konten utama

11 Fakta dari Pahlawan Wanita Nasional Kita, Ibu R. A. Kartini

Hari ini tanggal 21 April. Ada yang ingatkah sekarang hari apa?

Bukan, bukan, ini bukan hari Senin biasa. Keterlaluan kalau lupa, mah ><

Ini adalah Hari Kartini! Hari Kartini adalah salah satu hari yang penting bagi wanita dan perempuan (sebenarnya sama aja, ya? '-')  di Indonesia. Hari Kartini ini dianggap sebagai simbol perjuangan kaum wanita atas hak-haknya di bumi Indonesia. Perjuangan hak-hak wanita ini kemudian kita kenal sebagai emansipasi wanita.

Hari Kartini ini ditetapkan langsung oleh presiden pertama kita, Ir. Soekarno pada tanggal 2 Mei 1964 melalui Keputusan Presiden No. 108. Tanggal 21 April dipilih karena pada tanggal inilah sang pahlawan wanita nasional kita dilahirkan.

Berikut adalah beberapa fakta unik dari Ibu R. A. Kartini :



  1. Ibu R. A. Kartini lebih suka dipanggil "Kartini" saja dibanding ditambahkan nama "Raden Ayu" di depan namanya. Hal ini bermula ketika saat Ibu R. A. Kartini pulang sekolah bertanya pada ayahnya tentang jadi apakah dia di masa depan. Sang Ayah pun menjawab, "Tentu saja menjadi Raden Ayu," Maka ia pun bersorak dan kata "menjadi Raden Ayu" terus terpatri di benaknya. Tapi kemudian ia mencari tahu apa makna dari Raden Ayu sesungguhnya. Kemudian ia tahu, bahwa Raden Ayu adalah status yang tak layak dibanggakan, sehingga ia tidak mau mengenakan gelar itu.
  2. Ia tidak diizinkan bersekolah setelah sekolah dasar. Ia dipingit sampai menunggu waktu untuk dinikahkan. Ia ingin menentang tetapi takut dikira durhaka. Ia pun menghilangkan kesedihannya dengan membaca buku-buku di taman rumahnya bersama si Mbok. 
  3. Membaca adalah kegemaran Ibu R. A. Kartini. Tiada hari yang dilalui beliau tanpa membaca, buku apapun itu.
  4. Nama R. A. Kartini digunakan sebagai nama jalan di Belanda, seperti di kota Amsterdam, Utrecth, Verloo, dan Harleem. Tampaknya Ibu R. A. Kartini memang dipilih oleh orang Belanda untuk ditampilkan ke depan sebagai pendekar kemajuan wanita pribumi di Indonesia.
  5. Buku "Habislah Gelap Terbitlah Terang" yang dianggap sebagai karya fenomenal Ibu R. A. Kartini, sebenarnya bukanlah buku yang ditulis Ibu R. A. Kartini. Buku itu disusun oleh J. H. Abendanon berdasarkan surat-surat R. A. Kartini kepada temannya (kalau tidak salah, temannya berasal dari Belanda)
  6. Sebelum berjudul "Habislah Gelap Terbitlah Terang", buku itu berjudul "Dari Gelap Menuju Terang"
  7. Di Belanda, buku ini diberi judul "Door Duisternis tot Litch" yang secara harfiah berarti sama dengan "Habislah Gelap Terbitlah Terang"
  8. Buku edisi Indonesianya sebenarnya terbit beberapa tahun setelah terbitnya edisi Inggris dan Belanda
  9. Ibu R. A. Kartini adalah anak dari seorang selir raja. Sejarah memang tidak mencatat masa kecil Ibu R. A. Kartini, tetapi yang agak bisa dipastikan, dia besar di bawah pengasuhan Ibunya di rumah kecilnya. Sejak bayi ia sudah merasakan kehidupan yang berbeda antara gedung utama dan rumahnya.
  10. Di Jepara, terdapat Museum R. A. Kartini, tepatnya di Desa Panggang, Kecamatan Jepara. Museum ini berdiri pada 30 Maret 1975 pada masa pemerintahan Bupati Soewarno Djojomardowo. Museum ini selain menyajikan benda-benda peninggalan Ibu R. A. Kartini, juga menyajikan benda-benda warisan budaya yang terdapat di daerah Jepara.
  11. Ibu R. A. Kartini sekalipun adalah pahlawan nasional, ia tidak lepas dari kontroversi. Banyak kalangan sejarawan yang meragukan keabsahan buku "Habislah Gelap Terbitlah Terang", dan ada pula masyarakat yang meragukan originalitas buku tersebut karena tidak ada yang pernah melihat surat-surat itu selain J. H. Abendanon. Banyak pula masyarakat yang meragukan jasa Kartini sehingga layak disebut pahlawan nasional.

Begitulah kira-kira fakta tentang Ibu R. A. Kartini yang dapat Miichan sampaikan!
Semoga perjuangan Ibu R. A. Kartini terhadap kaum wanita tidak sia-sia, ya. Dengan kata lain, kita harus melanjutkan perjuangan Ibu R. A. Kartini.

Sekali lagi, selamat Hari Kartini!

Komentar

  1. Baru tahu kalau buku 'Habislah Gelap Terbitlah Terang' itu diterbitkan pertama kali bukan di Indonesia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ^^ Terima kasih sudah berkunjung! Datang lagi ya! ^^

      Hapus
  2. makasih info fakta tentang R.A. Kartini nya kak :)

    sangat bermanfaat. soalnya saya lagi ada tugas sekolah untuk buat artikel ttg R.A. Kartini hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali sudah berkunjung dan berkomentar, ya ^^

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
Luas wilayahnya 44.580.000 km²Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%Benua terbesar dengan populasi terpadat Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Model Sel Tumbuhan

Minggu lalu, Miichan bersama teman-teman sekelompok Miichan (Ina, Anneechan, Deannova), kumpul untuk membuat model sel ini dan hari Jum'at kemarin dikumpulkan ^^ Ini dia..



Sayangnya Miichan nggak ada di foto karena Miichan lagi sakit, jadi nggak masuk sekolah T_T
Ini keterangan dari model sel tumbuhannya : Bola hijau adalah model dari nukleolus dan bintik pinknya adalah model dari nukles (bagian dari nukleolus)Tali-tali biru di dekat bola hijau yang ada pink-pinknya adalah retikulum, sedangkan tali-tali merah di dekatnya di sebelah kanan (yang numpuk), itu adalah retikulum endoplasma halusTali gepeng merah bersama mangkok (?)dan bola-bola merah yang di dekat tali-tali biru adalah badan golgiSterofom biru di tengah-tengah adala vakuolaLingkaran gepeng kuning yang di tengahnya ada liukan gepeng jingga di bagian tengah adalah mitokandriaTiga lingkaran hijau dengan bulat-bulat kuning adalah kloroplasSterofom bagian samping yang berdiri tegak menjadi penutup model itu adalah dinding se…

Lirik Lagu "Si Patokaan" dan Maknanya

Minna, konbanwa!

Di kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan lirik lagu daerah dari Sulawesi Utara, yaitu "Si Patokaan". Dan pastinya nggak akan srek kalau belum dilengkapi makna dari liriknya. Oke, langsung saja! :D

~ SI PATOKAAN ~ Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang
Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang
Lagu ini memiliki pola penuturan pantun. Sementara maknanya sendiri adalah ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang Ibu pada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki. Perasaan khawatir ini erat kaitannya dengan sebab "sang anak hendak merantau". Jika dilihat lebih dalam, lirik lagu ini secara utuh mengandung doa dan motivasi. Oh ya, Si Patokaan sendiri berarti orang-orang yang termasuk dalam wilayah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Tet…