Langsung ke konten utama

Perbedaan Antara Indonesia dan Korea

"Yoo~ Miichan comeback again!" ~Menari hula-hula

Sebenarnya Miichan masih ingin menulis tentang budaya Jepang, tetapi setelah mendengar opini teman Miichan supaya jangan "Jepang-Jepang melulu,", maka Miichan ingin menyelipkan tentang Korea di antara artikel-artikel yang lain :D

Kali ini Miichan membahas tentang perbedaan antara Indonesia dan Korea. Jangan dianggap serius ya, ini hanya pendapat dan sepengetahuan Miichan saja. Toh, Miichan juga belum pernah ke Korea xD Dan lagi, Miichan di sini bukan mau merendahkan Indonesia ataupun Korea, ya.

Check this out!



  • Dari segi agama dan keyakinan
Indonesia adalah negara yang masyarakatnya diwajibkan untuk memiliki keyakinan / agama. Terlepas dari agama apapun, baik Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, atau Kong Hu Chu, yang terpenting memilikinya. Dan memang tak ada yang lebih hebat selain 'memiliki Tuhan' untuk melalui kehidupan ini. Berbeda dengan Korea yang mayoritas Atheis, sehingga wajar saja banyak terjadi kasus bunuh diri karena sangat stress atau frustasi dan tidak tahu harus ke mana.
  • Dari segi budaya
Ini sudah dapat dipastikan, jelas saja Indonesia lebih beragam budayanya. Makanya, Indonesia lebih toleran terhadap perbedaan dibandingkan Korea. Soalnya di Korea tampaknya hanya ada satu rumpun dan menjadikan mereka kurang ngeh sama perbedaan. Bahkan udah jadi rahasia umum, kalau bule lebih mudah mencari tempat sewa di Korea dibanding orang Asia.
  • Dari segi penghargaan terhadap budaya
Indonesia memang menang dalam ragam budaya, akan tetapi Korea lebih serius dalam menghargai budayanya. Bagi mereka, tidak ada kata 'ketinggalan zaman' untuk mempelajari budaya sendiri (bandingkan dengan Indonesia yang mayoritas lebih suka mempelajari budaya asing). Selain itu, Miichan pernah dengar kalau artis-artis terkenal dari Korea juga membawa-bawa budaya Korea sebagai ajang promosi, sehingga budayanya sangat sukses untuk di'jual' keluar.
  • Dari segi profesionalitas artis
Dapat dipastikan kalau Korea lebih unggul dalam hal ini. Bukan berarti di Indonesia tidak ada artis yang profesional ya. Gampangnya saja kita lihat boyband. Kalau di sana, sebelum debut mereka dilatih terlebih dahulu. Katanya sih kalau mau jadi artis terkenal di Korea, sama susahnya dengan masuk ke universitas! Terkadang miris juga melihat 'beberapa' artis Indonesia yang belum terlalu matang sudah langsung terjun ke publik.
  • Dari segi penghargaan terhadap artis
Meskipun kebanyakan artis di Korea lebih profesional, tetapi masyarakat Indonesia lebih menghargai artisnya dibandingkan masyarakat Korea terhadap artis Korea. Indonesia tidak memaksa artis untuk menjadi sempurna. Beda sama Korea yang kebanyakan menginginkan artis yang sempurna. Harus tetap cantik dan ganteng, tidak boleh terlihat tua.. Artis A dan artis B harus menikah karena cocok, dan banyak lagi pemaksaan. Memang sih, untuk menjadi artis diusahakan untuk tidak mendapat skandal, tapi kalau sampai begitu apa tidak keterlaluan juga? Toh artis kan hanya manusia :D
  • Dari segi ekonomi
Miris juga sih, tapi ini sudah jelas Korea menang. Mereka hanya butuh 9 bulan untuk lepas dari krisis moneter, sementara kita...
  • Dari segi kecantikan
Sebenarnya ini tidak cocok dimasukkan karena cantik itu relatif, tapi kalau misalnya kita lihat-lihat, di sana operasi plastik sudah dianggap hal yang wajar. Bahkan, harganya terjangkau oleh anak sekolah. Banyak pula orang tua yang mengizinkan anak-anaknya untuk operasi plastik demi menunjang kecantikan mereka. Maka bersyukurlah menjadi orang Indonesia yang kebanyakan bersyukur untuk wajah seperti apa yang telah dia dapat dari Tuhan, tanpa diubah-ubah lagi.

Kira-kira sih, begitu, perbedaannya. Tetapi, Miichan tidak bilang ini 100% akurat lho, ya! Kalau menurut kalian, bagaimana?

Source here

Komentar

  1. Miichan, aku harus jujur ya...
    Dengan mengunjungi blogmu rasanya sangat menyenangkan karena mendapatkan banyak informasi.
    Sering sering ON yang Miichan, maaksih banyak atas informasinya ^0^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, ya, Aisha. Miichan jadi terhura :') Dan Miichan mohon maaf tidak bisa ON sesering mungkin karena aktivitas Miichan yang semakin padat setelah liburan selesai ini (TT^TT) Mohon maaf, ya, Aisha :)

      Hapus
    2. Iya Miichan, sama-sama ^0^

      Hapus
  2. Ok gan. Keren tuh infonya.Ditunggu Update selanjutnya yaa. Saya juga menemukan online shop baru yang dapat dipercaya menjual SoftLens Shop x2 dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim.
    Buruan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, ya ^^

      Hapus
  3. Oya..namabahin nih..co korea itu kalo cinta ga lebay..garing tapi kerasa
    Humm ktnya co korea itu pelit..tergantung..kl di awal kita realistis dia dengan senang hati ngeluarin pundi2 nya k kantong kita hehe. Intinya jgn matre abis.
    Kalo kencan ga pk jemput2 an..lgs tkp.
    Nelp singkat padat mantap hehe
    Walopun bajingan dia ngerti tanggung jawab terhadap keluarga. Kl co indo dah cere yuk bye2..
    Ini pengalaman yg udah aku liat sendiri ya. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, Miichan baru tahu > < Terima kasih tambahannya, Regitanovia ^^

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
Luas wilayahnya 44.580.000 km²Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%Benua terbesar dengan populasi terpadat Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Model Sel Tumbuhan

Minggu lalu, Miichan bersama teman-teman sekelompok Miichan (Ina, Anneechan, Deannova), kumpul untuk membuat model sel ini dan hari Jum'at kemarin dikumpulkan ^^ Ini dia..



Sayangnya Miichan nggak ada di foto karena Miichan lagi sakit, jadi nggak masuk sekolah T_T
Ini keterangan dari model sel tumbuhannya : Bola hijau adalah model dari nukleolus dan bintik pinknya adalah model dari nukles (bagian dari nukleolus)Tali-tali biru di dekat bola hijau yang ada pink-pinknya adalah retikulum, sedangkan tali-tali merah di dekatnya di sebelah kanan (yang numpuk), itu adalah retikulum endoplasma halusTali gepeng merah bersama mangkok (?)dan bola-bola merah yang di dekat tali-tali biru adalah badan golgiSterofom biru di tengah-tengah adala vakuolaLingkaran gepeng kuning yang di tengahnya ada liukan gepeng jingga di bagian tengah adalah mitokandriaTiga lingkaran hijau dengan bulat-bulat kuning adalah kloroplasSterofom bagian samping yang berdiri tegak menjadi penutup model itu adalah dinding se…

Lirik Lagu "Si Patokaan" dan Maknanya

Minna, konbanwa!

Di kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan lirik lagu daerah dari Sulawesi Utara, yaitu "Si Patokaan". Dan pastinya nggak akan srek kalau belum dilengkapi makna dari liriknya. Oke, langsung saja! :D

~ SI PATOKAAN ~ Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang
Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang
Lagu ini memiliki pola penuturan pantun. Sementara maknanya sendiri adalah ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang Ibu pada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki. Perasaan khawatir ini erat kaitannya dengan sebab "sang anak hendak merantau". Jika dilihat lebih dalam, lirik lagu ini secara utuh mengandung doa dan motivasi. Oh ya, Si Patokaan sendiri berarti orang-orang yang termasuk dalam wilayah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Tet…