Langsung ke konten utama

Belajar Bahasa Jepang Bersama Miyoko Chan #1 - Perkenalan

Kon'nichiwa minna!!! 
Ogenki desu ka? 

Waah, Miichan sudah balik nih ^w^ 
Kali ini, Miichan mau ngepost tentang "Perkenalan Dalam Bahasa Jepang". Sebenarnya ini adalah bahan Miichan buat ngurus ekskul Study Club / ekskul bahasa jurusan Jepang di sekolah Miichan. Ya, sekalian saja Miichan berbagi ilmu buat minna ^^

-Jiko Shoukai / Perkenalan Diri-

Diawali dengan kata Hajimemashite’ / ‘はじめまして lalu menyebutkan nama dan diakhiri dengan salam penutup dan ojigi. Seperti inilah kira-kira contohnya :

  • Hajimemashite  / はじめまして
    'Salam kenal’ 
    Selalu disebutkan di awal.
  • Watashi wa Miichan desu / 私はみいちゃんです
    ‘Saya adalah Miichan’
    1. Watashi / 
    Sebagai kata ganti orang pertama.
    Umumnya digunakan 'watashi', tapi lebih lengkapnya lihat di simi
    2. Mii-chan /みいちゃん
    Sebuah nama yang menjadi subjek yang memperkenalkan diri
    3. Desu / です
    Desu dibaca ‘des’. Tidak memiliki arti, tetapi sangat besar pengaruhnya pada percakapan sehari-hari, seperti menandakan kesopanan dan sebagainya. Untuk lebih lanjutnya akan dipelajari nanti.

  • Yoroshiku onegai shimasu / よろしくお願いします
    ‘Senang berkenalan denganmu’
    Disebutkan sebagai penutup.

  • Ojigi / お辞儀
    Ini bukan ucapan, melainkan adalah hormat ala Jepang dengan cara menundukkan badan.
Maka jika kita gabungkan: “Hajimemashite, watashi wa Mii-chan desu. Yoroshiku onegai shimasu,” dan dijawab, "Yoroshiku onegai shimasu"


Pada perkenalan nama dan salam penutup, ada pula bentuk yang lebih informal seperti :
  • Miichan desu / (saya) Miichan みいちゃんです
  • Dozo yoroshiku / Salam kenal どぞよろしく
  • Yoroshiku / Salam kenal よろしく
Selain contoh di atas, bisa juga kita tambahkan informasi lain. Seperti nama panggilan (jika kalian menyebutkan ... desu dengan nama lengkap), asal, umur, tempat tinggal, kesukaan, dll.. Berikut kira-kira bentuk kalimat dari informasi tambahannya :
  • ...kara kimashita / 。。。から着ました
Aku berasal dari ... (asal negara)
Contoh : Aku berasal dari Indonesia / Indoneshia kara kimashitaインドネシアから来ました
  • ...-sai desu / 。。。才です
Umurku ... tahun
Contoh : Umurku 11 tahun / 11-sai desu / 11才です
  • ... ni sunde imasu / 。。。にすんでいます
Aku tinggal di ...
Contoh : Aku tinggal di Taman Kota / Taman Kota ni sunde imasu / タマンコタにすんでいます
  • ... de gakkouniiku desu / 。。。で学校に行くです
Aku bersekolah di ...
Contoh : Aku bersekolah di SMP 1 Bekasi / Bekasi no 1 no chuugakkou de gakkouniiku desu / ベカシの1の中学校で学校に行くです
  • ... o yamu koto desu / お読むことです
Hobiku adalah ...
Contoh : Hobiku adalah membaca komik / shumi wa manga o yomu koto desu / 趣味は漫画を読むことです
  • ... ga daisuki, mo ... ga daisuki desu / 。。。が大好き、も。。。が大好きです
Aku suka ... dan juga ...
Contoh : Aku suka Detektif Conan dan juga AKB48 / Meitanteikonan ga daisuki, mo AKB48 ga daisuki desu / 私は名探偵コナンがだいすき、もAKB48が大好きです

  • dan sebagainya

Tinggal digabungkan saja ya. Jika ada yang ingin ditanya, silakan melalui kolom komentar. Mohon koreksi jika ada kesalahan karena Miichan juga masih pemula. Semoga bermanfaat! (^  ^)

Komentar

  1. Arigatou. Ini ngebantu gue banget. ^^

    BalasHapus
  2. Ini membantu saya, terima kasih :)

    BalasHapus
  3. Wihhh,, bagus banget untuk belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar ^^

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
Luas wilayahnya 44.580.000 km²Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%Benua terbesar dengan populasi terpadat Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Model Sel Tumbuhan

Minggu lalu, Miichan bersama teman-teman sekelompok Miichan (Ina, Anneechan, Deannova), kumpul untuk membuat model sel ini dan hari Jum'at kemarin dikumpulkan ^^ Ini dia..



Sayangnya Miichan nggak ada di foto karena Miichan lagi sakit, jadi nggak masuk sekolah T_T
Ini keterangan dari model sel tumbuhannya : Bola hijau adalah model dari nukleolus dan bintik pinknya adalah model dari nukles (bagian dari nukleolus)Tali-tali biru di dekat bola hijau yang ada pink-pinknya adalah retikulum, sedangkan tali-tali merah di dekatnya di sebelah kanan (yang numpuk), itu adalah retikulum endoplasma halusTali gepeng merah bersama mangkok (?)dan bola-bola merah yang di dekat tali-tali biru adalah badan golgiSterofom biru di tengah-tengah adala vakuolaLingkaran gepeng kuning yang di tengahnya ada liukan gepeng jingga di bagian tengah adalah mitokandriaTiga lingkaran hijau dengan bulat-bulat kuning adalah kloroplasSterofom bagian samping yang berdiri tegak menjadi penutup model itu adalah dinding se…

Lirik Lagu "Si Patokaan" dan Maknanya

Minna, konbanwa!

Di kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan lirik lagu daerah dari Sulawesi Utara, yaitu "Si Patokaan". Dan pastinya nggak akan srek kalau belum dilengkapi makna dari liriknya. Oke, langsung saja! :D

~ SI PATOKAAN ~ Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang
Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang
Lagu ini memiliki pola penuturan pantun. Sementara maknanya sendiri adalah ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang Ibu pada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki. Perasaan khawatir ini erat kaitannya dengan sebab "sang anak hendak merantau". Jika dilihat lebih dalam, lirik lagu ini secara utuh mengandung doa dan motivasi. Oh ya, Si Patokaan sendiri berarti orang-orang yang termasuk dalam wilayah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Tet…