Langsung ke konten utama

Belajar Angka dalam Bahasa Jepang

Review Seminar “Pendidikan Karakter Muttaqin di Masa Covid-19”

Tugas ini ditulis untuk mata kuliah KU2061-19 Agama dan Etika Islam Zahra Annisa Fitri (15419031). 

Menurut al-Qur’an, karakter muttaqin ditunjukkan dengan sejumlah tindakan, di antaranya beriman kepada yang ghaib, mendirikan shalat, menafkahkan sebagian rezeki yang telah dianugerahkan, serta mengimani al-Qur’an dan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Mereka itulah orang-orang yang beruntung dan tetap mendapat petunjuk dari Allah.

Dalam pendidikan, salah satu hal yang mesti ditekankan adalah karakter yang baik, termasuk karakter muttaqin. Karakter muttaqin dapat semakin dikuatkan melalui pemaknaan yang tepat terhadap situasi saat ini, yaitu situasi Covid-19. Covid-19 sendiri disebabkan oleh Coronavirus. Coronavirus, sebagai makhluk Allah, seharusnya membuat masyarakat dunia sadar akan kebesaran Allah.

Terdapat banyak dampak akibat kehadiran virus ini, baik banyaknya korban berjatuhan hingga merosotnya kondisi sosioekonomi sebuah negara. Hal ini menjadi tantangan bagi semua orang, termasuk orang-orang yang beriman.

Namun, situasi seperti ini sebenarnya telah diberitahukan dalam al-Qur’an. Manusia memang akan diuji dengan cobaan selama hidup di dunia, baik melalui ketakutan, kelaparan, dan kekurangan harta. Yang dapat kita lakukan, khususnya sebagai mukmin yang berkarakter muttaqin, adalah melakukan ikhtiar terbaik dan bertawakal. Kembali disebutkan pula dalam al-Qur’an bahwa setelah saat-saat sulit tersebut, akan ada berita gembira bagi orang-orang yang sabar melaluinya.

Ada lima hal yang dapat menjadi contoh konkret untuk mewujudkan karakter muttaqin dalam situasi pandemi ini. Pertama, tetap merajut silaturahmi. Kedua, tetap bersedekah meskipun sedang kesulitan. Ketiga, tetap berbagi dan memaknai aktivitas berbagi tersebut. Keempat, bagi orang tua, tidak lupa mendidik anak, salah satu caranya dengan melakukan hal serupa sehingga dapat diteladani. Terakhir, terus mengkaji al-Qur’an sebagai pedoman dan bimbingan hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[INFO] Baca Detective Conan Online Berbahasa Indonesia di mana ya?

Holaa~ Miichan balik lagi~ Kali ini, Miichan mau kasih info tentang dimana kita bisa baca komik Detective Conan Indonesia online. Mungkin sudah banyak yang tahu dan ini udah umum banget. Tapi nggak ada salahnya Miichan post. Berikut adalah 3 situs yang Miichan rekomendasikan. Pertama, di  mangacanblog.com . Di sini bukan cuma Detective Conan. Masih banyak lagi manga yang ada di sini yang dapat kita baca online. Ini adalah situs manga online yang pertama kali Miichan tahu dan pertama kali Miichan buka. Ke dua , di  komikid.com . Di sini juga cuma bukan Detective Conan, tetapi bercampur dengan yang lain. Di ke dua situs ini cukup lengkap dan chapter nya selalu diperbarui jika sudah terbit ^^ Bagi penggemar manga  yang tidak hanya suka sama Conan, mungkin lebih cocok sama dua situs di atas karena bercampur dengan manga  yang lain, juga chapter nya selalu diperbarui. Tapi bagi yang suka manga Detective Conan saja seperti Miichan, Miichan lebih suka ke  conanianscanlation.blogspot.

RSP - Sakura ~Anata ni Deaete Yokatta~ (Lirik + Terjemahan)

SAKURA ~ANATA NI DEAETE YOKATTA~ Sakura ~Syukurlah Aku Bertemu Denganmu~

Yuria dan Yukirin Tampil dalam Acara Palang Merah Jepang

Sekian lama tidak muncul dengan berita 48Family (' - ' )... Oke! Pada 28 Agustus 2014 kemarin, Yuria (Kizaki Yuria) dan Yukirin (Kashiwagi Yuki) tampil dalam di Universitas Sophia kampus Yotsuya di Tokyo untuk meluncurkan kampanye Palang Merah Jepang "JOIN! Seikijuji wa, anata no chikara o matteiru!" Yuria (kiri) dan Yukirin (kanan)