Langsung ke konten utama

Case 001 - Event ADC

1. CASE 01
Sabtu, 5 Juni 2010
Namaku Sora. Aku adalah detektif yang berasal dari Hokkaido. Aku berencana pergi ke pesisir pantai melewati laut besok, untuk melepas penatku dari kasus-kasus.

Sabtu, 6 Juni 2010
Uh, oh! Ada badai, sehingga kapal tidak dijalankan. Aku terpaksa menunggu esok hari!

Minggu, 7 Juni 2010
Lagi-lagi badai! Aku pun mengundur acara liburanku sampai besok.

Senin, 8 Juni 2010
Akhirnya badai dinyatakan berhenti dan aku pun pergi berlibur. Aku sampai di sana sekitar pukul 16.00. Aku melihat beberapa pohon kelapa yang berjarak kurang lebih 100 meter dari pantai tumbang karena badai yang dahsyat. Aku pun menginap di sebuah hotel.

Namun, aku rasa tidak ada hari libur untukku. Ada kasus yang terjadi hotel tersebut. Karena aku tidak kuat mendengar kasus, aku pun ikut campur tangan untuk membantu memecahkan kasus tersebut. Maka, aku berbicara dengan Izawa (45), pemilik hotel tersebut.

****
S : Maaf, ada kasus apa ini?
I : Oh, ada kasus pembunuhan seorang wanita di sini, penghuni kamar 20! Ngomong-ngomong, Anda siapa ya?
S : Aku penghuni kamar 25 yang baru datang, aku juga seorang detektif
I : Oh ya? Tapi tenang, sudah ada polisi di sini. Kau tidak perlu repot-repot membantu.

Aku sedikit kesal mendengarnya, tetapi di situ ada polisi kenalanku. Namanya Taichi.

S : Hee, Taichi! Kita ketemu!
T : Sora! Aku rasa pihak kepolisian membutuhkan bantuan detektif sepertimu.
S : Jadi, bagaimana kasusnya?
T : Jadi...

Korban bernama Len (19), dia sudah menginap sejak tiga hari yang lalu. Yang menemukan pertama kali adalah Izawa. Ia masuk ke kamar ini dengan menggunakan kunci cadangan karena curiga kenapa Len tidak keluar-keluar kamar seharian. Menurut hasil autopsi, ia meninggal dua hari yang lalu.

S : Lalu, apa ada pesan kematian dari korban?
T : Tidak ada. Aku rasa, dia mati di tempat setelah dibunuh.
S : Apa ada DM dari korban sebelum mati?
T : Ya, ada. Yaitu おらを / Orawo
S : Apa tersangka sudah ditetapkan?
T : Tersangka sebagai berikut =

1. Izawa (45) Pemilik penginapan. Ia mengaku kesal dengan sikap Len karena bersikap kurang sopan. Ia sering mengenakan pakaian sangat pendek di penginapannya. Ia juga sering berlaku kasar saat masih hidup dan menginap di sini. Ia pernah memecahkan peralatan sarapan yang dipinjamkan penginapan padanya dengan sengaja.

2. Hitoshi (20) Pacar korban. Ia mengaku, ia menginap bersama Len. Tapi pada hari ke dua (hari pembunuhan) dan hari ke tiga (hari ini), dia tidak bersama Hitoshi. Akhirnya ia mengakui bahwa ia tengah selingkuh bersama pacar gelapnya di hotel dekat situ.

3. Karin (19) Sahabat korban. Menurut kesaksiannya, dua hari yang lalu dia tengah berkemah di tepi pantai. Ia bilang, ia tidak pergi ke hotel itu sama sekali. Ia mengaku hubungannya dengan Len baik-baik saja. Hanya saja, ia sedikit kesal karena Karin menyukai Hitoshi, tetapi Len malah merebut Hitoshi. Padahal, Len tahu bahwa Karin sangat menyukai Hitoshi.

4. Sakura (18) Ia adalah penghuni kamar 21. Ia mengaku sangat kesal dengan Len karena ia menginap di hotel itu untuk menyelesaikan novelnya, tetapi Len malah memutar musik keras-keras sampai terdengar ke kamarnya. Akibatnya, dia tidak bisa menyelesaikan novel itu tepat waktu.

Aku pun terdiam. Aku pun menulis dalam buku catatanku, dan mataku membelalak melihatnya. Aku tau pelakunya, tapi aku masih belum memiliki bukti. Aku pun mengaitkan 'nama pelaku' dengan DM korban. Ya, hanya bergeser sedikit saja!

Pelakunya pun aku sebutkan dan dia pun tertangkap setelah mengaku! Liburanku pun kembali cerah!

Pertanyaannya :
1. Siapakah pelakunya?
2. Apakah kesalahan dari pengakuannya?
3. Apa arti dan maksud dari DM tersebut?
4. Apa motif si pelaku?

*****************************************************************************
Solve the case minna-san ><

Komentar

  1. 1. Han'nin wa/ pelakunya adalah karin
    2. Dia bilang kalau dua hari lalu dia camping di deket pantai padahal saat itu hujan badai, itu tidak mungkin terjadi
    3. Maksud DM itu adalah orewa atau dia adalah atau pelakunya adalah Karin
    4. Motifnya adalah karena korban merebut hitoshi yang disukai pelaku, padahal korban tahu bahwa pelaku menyukai hitoshi.
    Mii-san, kono kesu wa kantandesu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya benar semua :) Tapi mungkin nomor 3 masih kurang tepat ya ^^
      Hahaha, iya, ini kasusnya memang mudah ^^

      Arigatou sudah berkunjung!

      Hapus
  2. Kunci jawabannya secara lengkap ^^

    1. Pelakunya adalah Karin, hal ini dapat dilihat dari alibinya yang tidak masuk akal serta DM dari sang korban

    2. Kesalahan alibinya terletak pada "berkemah di tepi pantai dua hari yang lalu". Padahal dari dua hari yang lalu atau hari Sabtu, di tepi pantai itu terjadi badai berkekuatan dahsyat yang menumbangkan pohon-pohon di tepi pantai.

    3. DMnya adalah "Orawo" atau dieja "O-Ra-Wo". Kemudian ungkapan Detektif Sora, "Ya, hanya bergeser sedikit saja!" Ini berarti huruf-huruf dalam DM tersebut harus digeser. Maka kita geser satu huruf ke depan menjadi :
    O >> Ka
    Ra >> Ri
    Wo >> N
    "Karin"

    4. Motifnya sudah jelas, yaitu Karin menyukai Hitoshi dan Len mengetahuinya, tetapi Len malah merebut Hitoshi dari Karin..

    BalasHapus
  3. DM, itu maksudnya apa? haihh aku emang kepo, atw kudet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. DM itu artinya Dying Message atau Pesan Kematian :)

      Hapus
    2. 1. Karin
      2. Mengatakan 2 hari yg lalu berkemah di dekat pantai padahalsaat itu sedang ada badai
      3. おらを/orawo bila di geser 1 kotak menjadi かりん/karin
      4.kesal karna korban merebut hitoshi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
Luas wilayahnya 44.580.000 km²Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%Benua terbesar dengan populasi terpadat Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Model Sel Tumbuhan

Minggu lalu, Miichan bersama teman-teman sekelompok Miichan (Ina, Anneechan, Deannova), kumpul untuk membuat model sel ini dan hari Jum'at kemarin dikumpulkan ^^ Ini dia..



Sayangnya Miichan nggak ada di foto karena Miichan lagi sakit, jadi nggak masuk sekolah T_T
Ini keterangan dari model sel tumbuhannya : Bola hijau adalah model dari nukleolus dan bintik pinknya adalah model dari nukles (bagian dari nukleolus)Tali-tali biru di dekat bola hijau yang ada pink-pinknya adalah retikulum, sedangkan tali-tali merah di dekatnya di sebelah kanan (yang numpuk), itu adalah retikulum endoplasma halusTali gepeng merah bersama mangkok (?)dan bola-bola merah yang di dekat tali-tali biru adalah badan golgiSterofom biru di tengah-tengah adala vakuolaLingkaran gepeng kuning yang di tengahnya ada liukan gepeng jingga di bagian tengah adalah mitokandriaTiga lingkaran hijau dengan bulat-bulat kuning adalah kloroplasSterofom bagian samping yang berdiri tegak menjadi penutup model itu adalah dinding se…

Lirik Lagu "Si Patokaan" dan Maknanya

Minna, konbanwa!

Di kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan lirik lagu daerah dari Sulawesi Utara, yaitu "Si Patokaan". Dan pastinya nggak akan srek kalau belum dilengkapi makna dari liriknya. Oke, langsung saja! :D

~ SI PATOKAAN ~ Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang
Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang
Lagu ini memiliki pola penuturan pantun. Sementara maknanya sendiri adalah ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang Ibu pada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki. Perasaan khawatir ini erat kaitannya dengan sebab "sang anak hendak merantau". Jika dilihat lebih dalam, lirik lagu ini secara utuh mengandung doa dan motivasi. Oh ya, Si Patokaan sendiri berarti orang-orang yang termasuk dalam wilayah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Tet…