Langsung ke konten utama

Case 002 - Event ADC

Namaku Masumi, seorang detektif. Aku tengah berjalan-jalan dengan temanku yang bernama Rukari di taman. Sepulang dari taman, kami melewati sebuah pondok yang sudah cukup tua. Pondok tersebut dikelilingi oleh polisi dan ambulans.

M : Ada apa ini, Pak Polisi?
P : Ada yang bunuh diri, tetapi detektif yang di dalam menyatakan ini sebagai pembunuhan.

Aku langsung masuk ke dalam. Di dalam, ternyata ada temanku sesama detektif, yaitu Sora! Aku berlari ke dalam, sementara Rukari menunggu di luar karena ketakutan.

M : Sora! Apa yang terjadi! Ceritakan selengkapnya, siapa tahu aku bisa membantu!
S : Ah, Masumi. Aku memang berharap bantuanmu.

Menurut penjelasan Sora, berikutlah keterangan yang ku dapat :

Korban bernama Ayui (25), seorang Ibu Rumah Tangga sekaligus penulis lepas. Ia tewas akibat gantung diri. Diduga, ini pembunuhan yang disamarkan sebagai bunuh diri. Di bawah mayatnya yang tengah tergantung, ditemukan kertas berisikan tulisan berikut :

Oh Kamisama, hariku sudah berakhir dengan tali ini
Tapi sebenarnya aku tidak mau mengakhiri hiduku
Oh Kamisama, ini adalah keputusan terakhirku
Untuk semua kenalanku, aku mohon maaf karena telah memilih jalan ini
Sebenarnya jalan ini ku pilih untuk menebus kesalahanku
Apa boleh buat, aku memang memiliki dosa besar
Nah, sampai bertemu lagi di alam sana

Kertas tersebut sudah diteliti dan menurut tim penyelidik, tulisan itu memang sama dengan tulisan Ayui.
Tersangka adalah sebagai berikut.

1. Masataka (26), suami korban
Masataka mengaku bahwa akhir-akhir ini dia sering bertengkar dengan Ayui, istrinya. Ia marah-marah karena menurutnya profesi Ayui menyebabkannya ia tidak serius menjadi seorang istri. Ia juga sering kesal karena sudah 6 tahun menikah, Ayui belum juga mengandung anaknya. Namun, saat menemui jasad korban, ia menangis paling keras.

2. Hiroguchi (30), pihak editor
Hiroguchi sudah menunggu hasil karya tulisan Ayui selama 2 bulan, tetapi tulisan Ayui belum juga selesai. Hiroguchi sudah sering mengancam Ayui untuk memutuskan hubungan pekerjaan mereka, tetapi Ayui tidak mau. Kesaksiannya, ia hanya kesal kepada Ayui karena Ayui belum juga mengumpulkan tulisannya dalam waktu yang cukup lama.

3. Maeda (23), adik kelas sekaligus sahabat korban
Maeda mengaku bahwa ia sangat sayang kepada Ayui. Meskipun ia masih menyimpan dendam karena pacarnya, Masataka, langsung dijodohkan kepada Ayui. Namun, ia berkata, "Tidak mungkin dan tidak akan aku membunuh Ayui-san, karena dia kakak kelas terbaik yang pernah aku temui!"

4. Goro (50), orang yang dipinjam uang oleh Ayui
Ayui meminjam uang sebanyak 5.000.000 yen kepada Goro, itu belum termasuk bunga. Namun, Ayui selalu menunda-nunda pembayaran utang. Goro sudah sering menagih-nagih, tetapi Ayui selalu mengelaknya. Itu membuat Goro sangat marah.

5. Shiito (45), ayah korban
Ia mengaku ia sangat sedih karena istrinya meninggal di usia 25 tahun juga karena melahirkan Ayui. Ayui juga sering berkata kasar kepada Shiito. Tapi, Shiito mengaku bahwa dia tetap sayang pada Ayui.

6. Azuna (27), kakak korban
Azuna yang pertama kali menemukan mayat. Ia langsung menangis. Tetapi menurut pengakuannya, di satu sisi ia sedih karena kehilangan adik satu-satunya yang sangat ia sayangi. Tapi Azuna juga bilang ia merasa cukup bahagia karena warisan Ayui jatuh juga ke tangannya.

Aku ikut kebingungan. Jadi, aku mohon pada kalian untuk memecahkan kasus ini!

1. Siapakah pelakunya?
2. Apa buktinya?
3. Apa motif pembunuhannya?

SOLVE THE CASE, MINNA SAN!^^

Komentar

  1. menurutku sih shiito, motifnya balas dendam sama anaknya yg membuat ibunya meninggal diusia muda, dan membuat nya meninggal diusia yg sama dengan ibunya ya gitu kali ya?
    ahaha ohayo^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, jawabannya Shiito, tetapi alasannya masih belum tepat :) Terima kasih sudah berkunjung! ^^

      Hapus
  2. Kunci jawaban secara lengkap ^^ :

    1. Pelakunya adalah Shiito, ayah korban. Hal ini dibuktikan dengan DM dari korban.

    2. Buktinya adalah DM korban. Jika dilihat dari bentuk suratnya, ada satu kata yang terbentuk bila kita hanya melihat huruf pertama dari tiap baris. Huruf-huruf itu membentuk kata :
    "OTOUSAN" / ayah

    3. Motifnya sudah jelas, karena sang ayah dendam pada Ayui karena Ibu Ayui meninggal saat melahirkan Ayui.

    BalasHapus
  3. Jawabanya おとうさん / AYAH

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
Luas wilayahnya 44.580.000 km²Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%Benua terbesar dengan populasi terpadat Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Model Sel Tumbuhan

Minggu lalu, Miichan bersama teman-teman sekelompok Miichan (Ina, Anneechan, Deannova), kumpul untuk membuat model sel ini dan hari Jum'at kemarin dikumpulkan ^^ Ini dia..



Sayangnya Miichan nggak ada di foto karena Miichan lagi sakit, jadi nggak masuk sekolah T_T
Ini keterangan dari model sel tumbuhannya : Bola hijau adalah model dari nukleolus dan bintik pinknya adalah model dari nukles (bagian dari nukleolus)Tali-tali biru di dekat bola hijau yang ada pink-pinknya adalah retikulum, sedangkan tali-tali merah di dekatnya di sebelah kanan (yang numpuk), itu adalah retikulum endoplasma halusTali gepeng merah bersama mangkok (?)dan bola-bola merah yang di dekat tali-tali biru adalah badan golgiSterofom biru di tengah-tengah adala vakuolaLingkaran gepeng kuning yang di tengahnya ada liukan gepeng jingga di bagian tengah adalah mitokandriaTiga lingkaran hijau dengan bulat-bulat kuning adalah kloroplasSterofom bagian samping yang berdiri tegak menjadi penutup model itu adalah dinding se…

Lirik Lagu "Si Patokaan" dan Maknanya

Minna, konbanwa!

Di kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan lirik lagu daerah dari Sulawesi Utara, yaitu "Si Patokaan". Dan pastinya nggak akan srek kalau belum dilengkapi makna dari liriknya. Oke, langsung saja! :D

~ SI PATOKAAN ~ Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang
Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang
Lagu ini memiliki pola penuturan pantun. Sementara maknanya sendiri adalah ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang Ibu pada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki. Perasaan khawatir ini erat kaitannya dengan sebab "sang anak hendak merantau". Jika dilihat lebih dalam, lirik lagu ini secara utuh mengandung doa dan motivasi. Oh ya, Si Patokaan sendiri berarti orang-orang yang termasuk dalam wilayah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Tet…