Langsung ke konten utama

Kenapa Harus Sertakan Sumber di Artikel Blog?

Hola hollaa!! Di sini Miichan mau ngepost berdasarkan suara hati Miichan sendiri #eh

Kalau diperhatikan, rata-rata di setiap post Miichan di blog ini ada tulisan 'sumber' atau 'source'. Kenapa?? Kok harus disertakan sumbernya sih? Sepenting apa? Emang gunanya buat apa? Bukankah lebih baik nggak usah ditulis biar kesannya itu bikinan sendiri, carian sendiri, ditemukan sendiri?

Nah, Miichan dulu kayak begitu. Sampai suatu ketika, Miichan mengalami peristiwa seperti ini :

Miichan membuat sebuah fanfic berjudul 'Keroppi Tidak Sedih Lagi' yang menceritakan Keroppi ikut lomba basket. Tapi saat latihan, Keroppi diledek oleh teman-temannya karena pendek. Akhirnya dia membuat alat dan berlatih keras, hingga akhirnya kelompoknya menang. Selanjutnya, Miichan post di blog Miichan yang telah Miichan hapus. Kemudian, setelah beberapa saat, Miichan iseng-iseng cari soal Keroppi. Terus ketemu dan Miichan buka. Lho, kok ada fanfic yang persis kayak punya Miichan? Miichan baca.. Iya, sama persis. Memang sih, di blog itu tidak disebutkan itu karyanya sendiri, tetapi juga tidak disebutkan sumber ceritanya.

Karena itu, Miichan jadi kesal, marah, kecewa, sedih.. Miichan sudah capek-capek bikin, capek-capek berkarya, tetapi dicuri orang. Kesel nggak sih? Misalnya kalian ujian, terus belajar, terus pas ujian, temen nyontek. Akhirnya, nilai kalian sama-sama bagus, padahal temen kalian itu nggak belajar. Kesel kan? Sama!

Maka dari itu, Miichan udah tahu gimana rasanya dicuri karyanya. Makanya, sejak dari itu, Miichan pun selalu menyertakan sumber darimana Miichan mengambilnya sebagai bentuk rasa menghargai dari Miichan. Nah lho, kalau misalnya kalian lihat ada artikel bagus, asal comot nggak bilang nggak menyertakan sumber, sopan nggak sih? Udah diambil, terus kita nggak ada sama sekali terima kasih atau bentuk menghargai?

Nah, maka dari itu, Miichan selalu berusaha untuk menyertakan sumber. Ini termasuk dalam etika membangun blog juga, walaupun hanya menurut Miichan.. Mungkin ini hal sepele, tapi pencomotan secara sengaja tanpa sumber itu sudah termasuk pencurian! Miichan hanya ingin mengingatkan hal itu saja. Dan itu juga yang membuat Miichan membuat blog ini anti copypaste.

Sekian, semoga isi hati Miichan yang amburadul ini bermanfaat ya ^^ Tanggapan kalian bisa ditulis di kolom komentar! ^^

Komentar

  1. Aku jg punya cerpen pas itu bwt lomba, eh, ada yg ngikutin cerpennya, persis lagi kyk punya aku! memang menyebalkan sekali orang yg seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tidak mungkin ada orang yang suka kepada copasser tanpa menyertakan sumber seperti itu :(

      Terima kasih sudah berkomentar, ya, iCHA Chan ^^

      Hapus
  2. mau nanya nih ane michan, misalkan ya.. video youtube.. masukan ke blogger postingan.. berarti kita cantumkan url sumber youtube nya di bawah, sourcenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miichan rasa, sih, perlu. Atau minimal tulis nama uploader video itu sendiri.. Tapi Miichan kurang tahu juga yang terbaiknya bagaimana, karena Miichan belum pernah memasukkan video youtube ke postingan. Hanya pernah mencantumkan link yang mengarah ke youtube saja :)

      Terima kasih sudah membaca dan berkomentar, ya ^^
      Oh ya, omong-omong, sebenarnya pertanyaannya yang mana ya? '-'

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
Luas wilayahnya 44.580.000 km²Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%Benua terbesar dengan populasi terpadat Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Model Sel Tumbuhan

Minggu lalu, Miichan bersama teman-teman sekelompok Miichan (Ina, Anneechan, Deannova), kumpul untuk membuat model sel ini dan hari Jum'at kemarin dikumpulkan ^^ Ini dia..



Sayangnya Miichan nggak ada di foto karena Miichan lagi sakit, jadi nggak masuk sekolah T_T
Ini keterangan dari model sel tumbuhannya : Bola hijau adalah model dari nukleolus dan bintik pinknya adalah model dari nukles (bagian dari nukleolus)Tali-tali biru di dekat bola hijau yang ada pink-pinknya adalah retikulum, sedangkan tali-tali merah di dekatnya di sebelah kanan (yang numpuk), itu adalah retikulum endoplasma halusTali gepeng merah bersama mangkok (?)dan bola-bola merah yang di dekat tali-tali biru adalah badan golgiSterofom biru di tengah-tengah adala vakuolaLingkaran gepeng kuning yang di tengahnya ada liukan gepeng jingga di bagian tengah adalah mitokandriaTiga lingkaran hijau dengan bulat-bulat kuning adalah kloroplasSterofom bagian samping yang berdiri tegak menjadi penutup model itu adalah dinding se…

Lirik Lagu "Si Patokaan" dan Maknanya

Minna, konbanwa!

Di kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan lirik lagu daerah dari Sulawesi Utara, yaitu "Si Patokaan". Dan pastinya nggak akan srek kalau belum dilengkapi makna dari liriknya. Oke, langsung saja! :D

~ SI PATOKAAN ~ Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang
Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang
Lagu ini memiliki pola penuturan pantun. Sementara maknanya sendiri adalah ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang Ibu pada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki. Perasaan khawatir ini erat kaitannya dengan sebab "sang anak hendak merantau". Jika dilihat lebih dalam, lirik lagu ini secara utuh mengandung doa dan motivasi. Oh ya, Si Patokaan sendiri berarti orang-orang yang termasuk dalam wilayah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Tet…