Langsung ke konten utama

Imagine if this isn't my own body, and it truly isn't

Kenapa Harus Sertakan Sumber di Artikel Blog?

Hola hollaa!! Di sini Miichan mau ngepost berdasarkan suara hati Miichan sendiri #eh

Kalau diperhatikan, rata-rata di setiap post Miichan di blog ini ada tulisan 'sumber' atau 'source'. Kenapa?? Kok harus disertakan sumbernya sih? Sepenting apa? Emang gunanya buat apa? Bukankah lebih baik nggak usah ditulis biar kesannya itu bikinan sendiri, carian sendiri, ditemukan sendiri?

Nah, Miichan dulu kayak begitu. Sampai suatu ketika, Miichan mengalami peristiwa seperti ini :

Miichan membuat sebuah fanfic berjudul 'Keroppi Tidak Sedih Lagi' yang menceritakan Keroppi ikut lomba basket. Tapi saat latihan, Keroppi diledek oleh teman-temannya karena pendek. Akhirnya dia membuat alat dan berlatih keras, hingga akhirnya kelompoknya menang. Selanjutnya, Miichan post di blog Miichan yang telah Miichan hapus. Kemudian, setelah beberapa saat, Miichan iseng-iseng cari soal Keroppi. Terus ketemu dan Miichan buka. Lho, kok ada fanfic yang persis kayak punya Miichan? Miichan baca.. Iya, sama persis. Memang sih, di blog itu tidak disebutkan itu karyanya sendiri, tetapi juga tidak disebutkan sumber ceritanya.

Karena itu, Miichan jadi kesal, marah, kecewa, sedih.. Miichan sudah capek-capek bikin, capek-capek berkarya, tetapi dicuri orang. Kesel nggak sih? Misalnya kalian ujian, terus belajar, terus pas ujian, temen nyontek. Akhirnya, nilai kalian sama-sama bagus, padahal temen kalian itu nggak belajar. Kesel kan? Sama!

Maka dari itu, Miichan udah tahu gimana rasanya dicuri karyanya. Makanya, sejak dari itu, Miichan pun selalu menyertakan sumber darimana Miichan mengambilnya sebagai bentuk rasa menghargai dari Miichan. Nah lho, kalau misalnya kalian lihat ada artikel bagus, asal comot nggak bilang nggak menyertakan sumber, sopan nggak sih? Udah diambil, terus kita nggak ada sama sekali terima kasih atau bentuk menghargai?

Nah, maka dari itu, Miichan selalu berusaha untuk menyertakan sumber. Ini termasuk dalam etika membangun blog juga, walaupun hanya menurut Miichan.. Mungkin ini hal sepele, tapi pencomotan secara sengaja tanpa sumber itu sudah termasuk pencurian! Miichan hanya ingin mengingatkan hal itu saja. Dan itu juga yang membuat Miichan membuat blog ini anti copypaste.

Sekian, semoga isi hati Miichan yang amburadul ini bermanfaat ya ^^ Tanggapan kalian bisa ditulis di kolom komentar! ^^

Komentar

  1. Aku jg punya cerpen pas itu bwt lomba, eh, ada yg ngikutin cerpennya, persis lagi kyk punya aku! memang menyebalkan sekali orang yg seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tidak mungkin ada orang yang suka kepada copasser tanpa menyertakan sumber seperti itu :(

      Terima kasih sudah berkomentar, ya, iCHA Chan ^^

      Hapus
  2. mau nanya nih ane michan, misalkan ya.. video youtube.. masukan ke blogger postingan.. berarti kita cantumkan url sumber youtube nya di bawah, sourcenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miichan rasa, sih, perlu. Atau minimal tulis nama uploader video itu sendiri.. Tapi Miichan kurang tahu juga yang terbaiknya bagaimana, karena Miichan belum pernah memasukkan video youtube ke postingan. Hanya pernah mencantumkan link yang mengarah ke youtube saja :)

      Terima kasih sudah membaca dan berkomentar, ya ^^
      Oh ya, omong-omong, sebenarnya pertanyaannya yang mana ya? '-'

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[INFO] Baca Detective Conan Online Berbahasa Indonesia di mana ya?

Holaa~ Miichan balik lagi~ Kali ini, Miichan mau kasih info tentang dimana kita bisa baca komik Detective Conan Indonesia online. Mungkin sudah banyak yang tahu dan ini udah umum banget. Tapi nggak ada salahnya Miichan post. Berikut adalah 3 situs yang Miichan rekomendasikan. Pertama, di  mangacanblog.com . Di sini bukan cuma Detective Conan. Masih banyak lagi manga yang ada di sini yang dapat kita baca online. Ini adalah situs manga online yang pertama kali Miichan tahu dan pertama kali Miichan buka. Ke dua , di  komikid.com . Di sini juga cuma bukan Detective Conan, tetapi bercampur dengan yang lain. Di ke dua situs ini cukup lengkap dan chapter nya selalu diperbarui jika sudah terbit ^^ Bagi penggemar manga  yang tidak hanya suka sama Conan, mungkin lebih cocok sama dua situs di atas karena bercampur dengan manga  yang lain, juga chapter nya selalu diperbarui. Tapi bagi yang suka manga Detective Conan saja seperti Miichan, Miichan lebih suka ke  conanianscanlation.blogspot.

All About SHINICHI KUDO - Tokoh-Tokoh di Detective Conan

Ohayou   minna!!   Ketemu lagi dengan Miichan :3 Akhir-akhir ini Miichan semangat ngeblog  niih, hehe.. Di post " Belajar Bahasa Jepang bersama Miyoko ", Miichan kan pernah nyantumin bahwa Miichan suka Detective Conan, hehe.. Nah, Miichan berniat mau bikin post  demi post  tentang DC dengan lengkap :D Tokorode , di post  ini Miichan mau bahas tentang SHINICHI KUDO . ~ SHINICHI KUDO Nama Jepang : 工藤 新一  Kudō Shin'ichi Nama Inggris : Jimmy Kudo Umur : 16 - 17 tahun Tinggi / Berat : 174 cm / Tidak diketahui Tanggal lahir : 4 Mei Orangtua : Kudo Yusaku & Kudo Yukiko Profesi : Siswa SMU Teitan // Detektif Muncul pertama kali di file  1 dan episode 1 Menjadi keyhole  volume 1 dan 62 Shinichi adalah tokoh protagonis utama di Detective Conan tetapi dalam wujud Conan (meski sekali-kali muncul sebagai wujud asli). Shinichi adalah anak kelas 2 SMU Teitan. Ia terkenal karena sering membantu kepolisian Tokyo. Ia lahir dari pasangan Yusaku Kudo, seorang penulis

Download Digimon Adventure 01 (1 - 54 [END]) Subtitle Indonesia

Minna, ohayou! Kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan link   download  untuk anime   Digimon , tepatnya yang season  1, yaitu Digimon Adventure 01. Apa kalian pernah dengar? Mungkin untuk 'Digimon' keseluruhan ( yang mencakup 7 season ) kalian pernah mendengar atau malah menontonnya. Terlebih lagi Digimon Xros War ( Miichan kurang tahu itu season ke berapa ) saat ini tengah ditayangkan di Indosiar. (Baca juga yuk >>  Apa Itu Digimon? ) Tetapi, Digimon Adventure 01 adalah season paling pertama yang mungkin tidak begitu terkenal lagi sekarang. Meskipun begitu, setelah Miichan survei, banyak penyuka Digimon yang mengaku season inilah yang paling seru, bersama dengan Digimon Xros War. Dahulu, season ini juga ditayangkan di Indosiar. Sekitar 6 - 7 tahun yang lalu kalau tidak salah, saat Miichan masih kelas 2 - 3 SD '-' Menurut Miichan, rating  Digimon Adventure 01 ini K+. Genre nya adalah adventure , friendship , dan fantasy . Di Digimon Adventure ini, ti