Langsung ke konten utama

when i rummaged for a certification

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
  • Luas wilayahnya 44.580.000 km²
  • Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%
  • Benua terbesar dengan populasi terpadat
Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.


2. Afrika

  • Luas wilayahnya 30.220.000 km²
  • Benua terbesar nomor tiga jika Amerika Utara dan Amerika Selatan digabung
  • Merupakan benua dengan penduduk terbanyak kedua setelah Asia

Afrika meliputi 20,3% dari seluruh total daratan Bumi. Afrika memiliki 800 juta penduduk dan 54 negara. Afrika juga merupakan tempat bagi 1/7 populasi dunia. Kata Afrika, berasal dari bahasa Latin Africa terra yang berarti "tanah afri". Afrika adalah tempat tinggal manusia untuk pertama kali, kemudian manusia-manusia ini menyebar ke tempat yang lain. Afrika juga adalah tempat di mana garis evolusi kera menjadi berbeda dari protohuman tujuh juta tahun yang lalu.



3. Amerika Utara

  • Luas wilayahnya 24.710.000 km²
  • Atau sekitar 4,8% dari permukaan Bumi
  • Jumlah penduduknya berada di posisi ke empat, di bawah Eropa

Dari Juli 2002, diperkarakan jumlah penduduknya lebih dari 514,6 juta jiwa. Amerika keseluruhan, baik Utara maupun selatan, dinamakan menurut Amerigo Vespucci, yang merupakan orang Eropa pertama yang melontarkan sebuah gagasan bahwa Amerika tidak sama dengan Hindia Timur. Amerigo Vespucci adalah orang Eropa pertama yang menemukan 'Dunia Baru'. Perbatasan benua ini antara lain :
  1. Utara - Lautan Arktrik
  2. Selatan - Laut Karibia
  3. Timur - Samudra Atlantik
  4. Barat - Samudra Pasifik Utara


4. Amerika Selatan

  • Luas wilayahnya 17.840.000 km²
  • Merupakan benua yang ada di antara 2 samudra, yaitu Pasifik dan Atlantik
  • Tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. 
Amerika Selatan juga dilintasi garis khatulistiwa, sama seperti Indonesia. Dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan. Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat.



5. Antartika

  • Luas wilayahnya 14.000.000 km²
  • Meliputi sekitar 8,9% wilayah di daratan dunia
  • Terletak di wilayah Kutub Selatan dan sehingga selalu tertutupi oleh es 
Iklim di sana sangat dingin, dapat mencapai -88° C. Oleh karena itulah, yang tinggal di sana hanya tim penyelidik dan tidak memiliki penduduk tetap.



6. Eropa

  • Luas wilayahnya 10.180.000 km²
  • Merupakan sebuah semenanjung atau anak benua.
  • Merupakan benua dengan penduduk terbanyak ketiga
Perbatasannya di 4 arah mata angin :
  1. Utara - Samudra Arktik
  2. Selatan - Laut Tengah 
  3. Timur - Masih belum jelas
  4. Barat - Samudra Atlantik
Sedangkan perbatasannya dengan Asia adalah Pegunungan Ural.

Pemisahan Eropa sebagai benua adalah karena perbedaan budaya. Meski benuanya tidak termasuk ke dalam 3 terbesar, tetapi populasinya termasuk 3 terbanyak dari seluruh dunia dengan 799.466.000 jiwa pada tahun 2003 atau sebanyak 1/8 dari penduduk dunia.


7. Australia

  • Luas wilayahnya 8.468.000 km²
  • Mencakup sebagai sebuah negara di belahan bumi selatan
  • Wilayahnya mencakup seluruh benua Australia dan beberapa pulau di sekitarnya
Negara ini identik dengan binatang kangguru ataupun koala. Ibukotanya Canberra. Kota-kota besar yang ada di Australia antara lain Sydney, Melbourne, Adelaide, Brisbane, dan Perth. Di daerah gurunnya yang luas, penduduknya sangat sedikit. Walaupun terletak di dekat Asia, lebih sering disebut sebagai bagian dari dunia Barat karena kehidupannya yang mirip Eropa Barat dan Amerika Serikat. Penduduknya pun sebagian besar kulit putih. Uniknya dari Australia ini, sebagian wilayahnya memiliki 2 musim dan sebagian lainnya memiliki 4 musim.


Sekian! Semoga bermanfaat ya! ^^
Arigatou sudah berkunjung dan harap tinggalkan jejak berupa saran, komentar, ataupun kritik :D

Source :
Mbah Google
Rangkuman IPS SD

Komentar

  1. Mii Chan! Aku suka postingan2 kamu, dari judulnya aja udah ketara,, ^^a

    BalasHapus
  2. Sankyu Miichan ^^ #nyan~

    BalasHapus
  3. ternyata benua asia yang paling besar kupikir rusia

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Jika Amerika Utara dan Selatan digabung, iya ^^

      Hapus
  5. Itu sudah urut dari yang terbesar ke terkecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah. Bisa dilihat dari luas wilayah yang tercantum, semakin ke bawah semakin berkurang angkanya ^^

      Hapus
  6. kak.. urutannya dari 1 - 5 donk.. ( misal benua ter besar ke 1 , terus ke 2 , ke 3 , ke 4 dan seterusnya) biar ngga binggung. dan makasi yha kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini urutannya versi blog ini, ya ^^

      1. Asia
      2. Afrika
      3. Amerika Utara
      4. Amerika Selatan
      5. Antartika
      6. Eropa
      7. Australia

      Semoga bermanfaat ^^

      Hapus
  7. Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar ^^

      Hapus
  8. Balasan
    1. Lebih tepatnya 14.200.000 kilometer persegi mengacu pada en.wikipedia ^^

      Hapus
  9. Terima kasih,sya merasa sangat terbantu dan tidak merasa repot lagi ntuk mengurutkan benua2 dari yg terbesar hingga yg terkecil:")

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[INFO] Baca Detective Conan Online Berbahasa Indonesia di mana ya?

Holaa~ Miichan balik lagi~ Kali ini, Miichan mau kasih info tentang dimana kita bisa baca komik Detective Conan Indonesia online. Mungkin sudah banyak yang tahu dan ini udah umum banget. Tapi nggak ada salahnya Miichan post. Berikut adalah 3 situs yang Miichan rekomendasikan. Pertama, di  mangacanblog.com . Di sini bukan cuma Detective Conan. Masih banyak lagi manga yang ada di sini yang dapat kita baca online. Ini adalah situs manga online yang pertama kali Miichan tahu dan pertama kali Miichan buka. Ke dua , di  komikid.com . Di sini juga cuma bukan Detective Conan, tetapi bercampur dengan yang lain. Di ke dua situs ini cukup lengkap dan chapter nya selalu diperbarui jika sudah terbit ^^ Bagi penggemar manga  yang tidak hanya suka sama Conan, mungkin lebih cocok sama dua situs di atas karena bercampur dengan manga  yang lain, juga chapter nya selalu diperbarui. Tapi bagi yang suka manga Detective Conan saja seperti Miichan, Miichan lebih suka ke  conanianscanlation.blogspot.

All About SHINICHI KUDO - Tokoh-Tokoh di Detective Conan

Ohayou   minna!!   Ketemu lagi dengan Miichan :3 Akhir-akhir ini Miichan semangat ngeblog  niih, hehe.. Di post " Belajar Bahasa Jepang bersama Miyoko ", Miichan kan pernah nyantumin bahwa Miichan suka Detective Conan, hehe.. Nah, Miichan berniat mau bikin post  demi post  tentang DC dengan lengkap :D Tokorode , di post  ini Miichan mau bahas tentang SHINICHI KUDO . ~ SHINICHI KUDO Nama Jepang : 工藤 新一  Kudō Shin'ichi Nama Inggris : Jimmy Kudo Umur : 16 - 17 tahun Tinggi / Berat : 174 cm / Tidak diketahui Tanggal lahir : 4 Mei Orangtua : Kudo Yusaku & Kudo Yukiko Profesi : Siswa SMU Teitan // Detektif Muncul pertama kali di file  1 dan episode 1 Menjadi keyhole  volume 1 dan 62 Shinichi adalah tokoh protagonis utama di Detective Conan tetapi dalam wujud Conan (meski sekali-kali muncul sebagai wujud asli). Shinichi adalah anak kelas 2 SMU Teitan. Ia terkenal karena sering membantu kepolisian Tokyo. Ia lahir dari pasangan Yusaku Kudo, seorang penulis

RSP - Sakura ~Anata ni Deaete Yokatta~ (Lirik + Terjemahan)

SAKURA ~ANATA NI DEAETE YOKATTA~ Sakura ~Syukurlah Aku Bertemu Denganmu~