Langsung ke konten utama

10 Tips Metode KonMari: Metode Merapikan Barang-Barang Kamu!

Ohayou, minna!

Akhir-akhir ini Miichan sibuk mengatur Official Account baru Miichan di LINE, namanya Tips 'N Trick. Bagi yang punya LINE, bisa add OA Miichan yang satu itu, ya ~ (lihat di sini)

Selama liburan ini, Miichan menghabiskan banyak waktu untuk membenahi kamar Miichan. Pagi ini, Miichan menemukan sesuatu yang menarik di Pinterest! Usut punya usut, inilah dia Metode Konmari!

Miichan memang belum punya, tetapi Miichan menemukan sebuah website yang mengulas sekaligus menyimpulkan metode-metode yang ada di dalam buku karangan Marie Kondo-san. Website itu berbahasa Inggris, jadi Miichan ingin menerjemahkannya agar bisa berbagi kepada teman-teman juga!

Here we go ~
  1. Jadikan waktu beres-beres kamu sebagai waktu yang spesial!
    Konmari Celebrate 1
  2. Kumpulkan tiap-tiap barang ke dalam sebuah kelompok! Mulai beres-beres dari kelompok pakaian, lalu kelompokkan lagi pakaian tersebut, misalnya ke kelompok baju, celana, rok, dan sebagainya.
    Konmari Gather 2
  3. Asingkanlah yang tidak kamu butuhkan lagi dengan penuh keyakinan! Entah itu mau dijual, disumbangkan, atau bahkan benar-benar dibuang, pertama-tama asingkan dari lemari kamu. Kalau sudah tidak terpakai lagi, jangan ragu untuk melakukannya.
    Konmari Discard 3
  4. Tanyakan pada dirimu sendiri, apa barang tersebut membuatmu bahagia? Setiap barang punya aura positif atau negatif yang bisa mempengaruhi kamu juga, lho!
    Konmari Joy 4
  5. Simpan dengan rapi setiap barang! Jika itu berupa pakaian, lipat dengan sungguh-sungguh! Setiap barang berhak dirawat dan dihargai.
    Konmari Fold 4
  6. Susun secara vertikal sehingga lebih mudah dilihat dan diambil!
    Konmari Vertical 5
  7. Sesuai poin pertama, kelompokkan dan sesuaikan setiap barang dengan kelompoknya!
    Konmari Category 1 Clothing copyKonmari Category 2 Books
    Konmari Category 3 Papers copyKonmari Category 4.1 Office Llivingroom copy
    Konmari Category 4.2 Kitchen copyKonmari Category 4.3 Pantry copy
    Konmari Category 4.4 Household Supplies copyKonmari Category 4.5 Tools copy
    Konmari Category 4.6 Bathroom copy

  8. Kurangi barang-barang dari setiap kategori sampai dirasa tepat! Peraturan umumnya, kurangi hingga (minimal) setengahnya.
    Konmari Reduce Until Right
  9. Berikan 'rumah yang indah' untuk tiap-tiap barang dan simpan sesuai kategori! Tidak berdasarkan frekuensi penggunaan (yang ini sering dipakai, yang itu jarang..) atau berdasarkan kapan akan digunakan (yang ini dipakai besok, ini dipakai lusa..)
    Konmari Store Categories Together
  10. Kelilingi dirimu dengan barang-barang yang membuatmu bahagia!
    Konmari Joy All Around
Sekian dari Miichan ~ ^ ^)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
Luas wilayahnya 44.580.000 km²Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%Benua terbesar dengan populasi terpadat Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Model Sel Tumbuhan

Minggu lalu, Miichan bersama teman-teman sekelompok Miichan (Ina, Anneechan, Deannova), kumpul untuk membuat model sel ini dan hari Jum'at kemarin dikumpulkan ^^ Ini dia..



Sayangnya Miichan nggak ada di foto karena Miichan lagi sakit, jadi nggak masuk sekolah T_T
Ini keterangan dari model sel tumbuhannya : Bola hijau adalah model dari nukleolus dan bintik pinknya adalah model dari nukles (bagian dari nukleolus)Tali-tali biru di dekat bola hijau yang ada pink-pinknya adalah retikulum, sedangkan tali-tali merah di dekatnya di sebelah kanan (yang numpuk), itu adalah retikulum endoplasma halusTali gepeng merah bersama mangkok (?)dan bola-bola merah yang di dekat tali-tali biru adalah badan golgiSterofom biru di tengah-tengah adala vakuolaLingkaran gepeng kuning yang di tengahnya ada liukan gepeng jingga di bagian tengah adalah mitokandriaTiga lingkaran hijau dengan bulat-bulat kuning adalah kloroplasSterofom bagian samping yang berdiri tegak menjadi penutup model itu adalah dinding se…

Lirik Lagu "Si Patokaan" dan Maknanya

Minna, konbanwa!

Di kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan lirik lagu daerah dari Sulawesi Utara, yaitu "Si Patokaan". Dan pastinya nggak akan srek kalau belum dilengkapi makna dari liriknya. Oke, langsung saja! :D

~ SI PATOKAAN ~ Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang
Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang
Lagu ini memiliki pola penuturan pantun. Sementara maknanya sendiri adalah ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang Ibu pada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki. Perasaan khawatir ini erat kaitannya dengan sebab "sang anak hendak merantau". Jika dilihat lebih dalam, lirik lagu ini secara utuh mengandung doa dan motivasi. Oh ya, Si Patokaan sendiri berarti orang-orang yang termasuk dalam wilayah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Tet…