Langsung ke konten utama

8 Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Saat Berpuasa

Yo, all, happy fasting!

Siapa yang puasa? Semoga kuat sampai akhir ya :D Kali ini, Miichan ingin berbagi informasi agar tubuh kita tidak lemas saat berpuasa. Yah, yang namanya puasa itu kan yang pasti menahan lapar dan haus dari shubuh sampai maghrib, belum tentu kita bisa segar bugar saja kan?

Karenanya, langsung saja :D

  • Mengonsumsi serat
Saat sahur, makanlah makanan yang banyak mengandung serat. Selain memperlancar sistem pencernaan kita, serat juga membuat kita kenyang lebih lama. Serat banyak diperoleh di sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Tapi ada dua juga sayur yang nggak termasuk serat, yaitu cabe-cabean dan terong-terongan ^^)/
  • Mengonsumsi makanan berprotein
Makanan berprotein seperti ikan, ayam, dan telur juga sangat penting karena menambah energi dalam tubuh kita. Kurangnya asupan protein akan membuat tubuh cepat lemas dan lesu, lho.
  • Mengonsumsi lemak baik
Lemak baik bisa kita dapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa murni, dan buah-buahan seperti alpukat. Lemak baik diperlukan tubuh untuk menyerap nutrisi, serta berperan penting juga untuk menyediakan energi bagi tubuh.
  • Batasi makanan bergaram
Mengkonsumsi makanan dengan garam yang tinggi justru membuat tubuh kita cepat lapar dan dehidrasi, jadi alangkah baiknya si 'garam' ini kita batasi. Kenapa dibatasi, bukan dihindari? Karena menurut Miichan, tubuh kita juga membutuhkan garam :D
  • Hindari makanan yang lembek
Untuk menjaga tubuh tetap berenergi, sebaiknya jangan memakan makanan yang lembek. Kecuali untuk orang yang memang hanya bisa makan makanan lembek dan ingin puasa, ya. Hal ini dikarenakan makanan lembek dapat membuat tubuh menjadi cepat lemas.
  • Penuhi kebutuhan cairan
Selain makanan, jangan lupa bahwa tubuh kita juga butuh cairan. Cairan yang diutamakan adalah air putih! Usahkanlah minimal 8 gelas sehari, pada saat sahur dan berbuka, jangan pada saat siang bolong. Kecuali untuk kasus lupa tanpa disengaja ^-^ Jika kebutuhan cairan kita terpenuhi, kita akan terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, hindari minuman manis saat sahur. Tidak hanya konsumsi yang asin yang membuat kita lemas, tetapi yang manis juga membuat lemas. Seperti teh manis misalnya. Yah, gula memang memberikan tambahan energi bagi kita, tapi itu hanya bersifat sementara. 
  • Olahraga
Selain memperhatikan yang kita konsumsi, ada baiknya juga kita beraktivitas fisik seperti olahraga. Dengan berolahraga, kita membuat tubuh kita menjadi bugar. Tapi, perhatikanlah banyak energi yang dibutuhkan untuk berolahraga, dan pilihlah olahraga yang ringan saja. Dikhawatirkan jika olahraga terlalu berat, maka akan menghabiskan energi terlalu banyak dan menghabiskan energi kita.
  • Jangan dirasakan
Ya, biasanya kalau di bulan puasa, kita akan semakin perhatian sama jam. Padahal, ada baiknya kita tidak usah begitu memikirkan puasa. Apalagi sambil memikirkan makanan dan minuman yang akan disediakan waktu berbuka nanti. Malah menggoda, you know? -_- Ada baiknya kita bersugesti positif bahwa kita kuat menahan lapar dan haus sampai waktunya tiba. Sama halnya perasaan takut, perasaan lapar dan haus juga dapat dikendalikan melalui pikiran. 

Daripada memikirkan rasa lapar, ada baiknya kita menyibukkan diri. Seperti olahraga (yang disebutkan di atas), membaca buku, menekuni hobi, atau yang lainnya. Bahkan lebih baik lagi, kita menyibukkan diri dengan beribadah. Selain waktu yang tidak terasa, pahala pun bisa kita dapatkan dengan beribadah.

OoOoO

Nah, semoga dapat bermanfaat ya!
Ganbatte ne, pasti kita bisa berpuasa sampai maghrib nanti! Yooosh~!

Source here and here

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
Luas wilayahnya 44.580.000 km²Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%Benua terbesar dengan populasi terpadat Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Model Sel Tumbuhan

Minggu lalu, Miichan bersama teman-teman sekelompok Miichan (Ina, Anneechan, Deannova), kumpul untuk membuat model sel ini dan hari Jum'at kemarin dikumpulkan ^^ Ini dia..



Sayangnya Miichan nggak ada di foto karena Miichan lagi sakit, jadi nggak masuk sekolah T_T
Ini keterangan dari model sel tumbuhannya : Bola hijau adalah model dari nukleolus dan bintik pinknya adalah model dari nukles (bagian dari nukleolus)Tali-tali biru di dekat bola hijau yang ada pink-pinknya adalah retikulum, sedangkan tali-tali merah di dekatnya di sebelah kanan (yang numpuk), itu adalah retikulum endoplasma halusTali gepeng merah bersama mangkok (?)dan bola-bola merah yang di dekat tali-tali biru adalah badan golgiSterofom biru di tengah-tengah adala vakuolaLingkaran gepeng kuning yang di tengahnya ada liukan gepeng jingga di bagian tengah adalah mitokandriaTiga lingkaran hijau dengan bulat-bulat kuning adalah kloroplasSterofom bagian samping yang berdiri tegak menjadi penutup model itu adalah dinding se…

Lirik Lagu "Si Patokaan" dan Maknanya

Minna, konbanwa!

Di kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan lirik lagu daerah dari Sulawesi Utara, yaitu "Si Patokaan". Dan pastinya nggak akan srek kalau belum dilengkapi makna dari liriknya. Oke, langsung saja! :D

~ SI PATOKAAN ~ Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang
Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang
Lagu ini memiliki pola penuturan pantun. Sementara maknanya sendiri adalah ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang Ibu pada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki. Perasaan khawatir ini erat kaitannya dengan sebab "sang anak hendak merantau". Jika dilihat lebih dalam, lirik lagu ini secara utuh mengandung doa dan motivasi. Oh ya, Si Patokaan sendiri berarti orang-orang yang termasuk dalam wilayah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Tet…