Langsung ke konten utama

when i rummaged for a certification

8 Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Saat Berpuasa

Yo, all, happy fasting!

Siapa yang puasa? Semoga kuat sampai akhir ya :D Kali ini, Miichan ingin berbagi informasi agar tubuh kita tidak lemas saat berpuasa. Yah, yang namanya puasa itu kan yang pasti menahan lapar dan haus dari shubuh sampai maghrib, belum tentu kita bisa segar bugar saja kan?

Karenanya, langsung saja :D

  • Mengonsumsi serat
Saat sahur, makanlah makanan yang banyak mengandung serat. Selain memperlancar sistem pencernaan kita, serat juga membuat kita kenyang lebih lama. Serat banyak diperoleh di sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Tapi ada dua juga sayur yang nggak termasuk serat, yaitu cabe-cabean dan terong-terongan ^^)/
  • Mengonsumsi makanan berprotein
Makanan berprotein seperti ikan, ayam, dan telur juga sangat penting karena menambah energi dalam tubuh kita. Kurangnya asupan protein akan membuat tubuh cepat lemas dan lesu, lho.
  • Mengonsumsi lemak baik
Lemak baik bisa kita dapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa murni, dan buah-buahan seperti alpukat. Lemak baik diperlukan tubuh untuk menyerap nutrisi, serta berperan penting juga untuk menyediakan energi bagi tubuh.
  • Batasi makanan bergaram
Mengkonsumsi makanan dengan garam yang tinggi justru membuat tubuh kita cepat lapar dan dehidrasi, jadi alangkah baiknya si 'garam' ini kita batasi. Kenapa dibatasi, bukan dihindari? Karena menurut Miichan, tubuh kita juga membutuhkan garam :D
  • Hindari makanan yang lembek
Untuk menjaga tubuh tetap berenergi, sebaiknya jangan memakan makanan yang lembek. Kecuali untuk orang yang memang hanya bisa makan makanan lembek dan ingin puasa, ya. Hal ini dikarenakan makanan lembek dapat membuat tubuh menjadi cepat lemas.
  • Penuhi kebutuhan cairan
Selain makanan, jangan lupa bahwa tubuh kita juga butuh cairan. Cairan yang diutamakan adalah air putih! Usahkanlah minimal 8 gelas sehari, pada saat sahur dan berbuka, jangan pada saat siang bolong. Kecuali untuk kasus lupa tanpa disengaja ^-^ Jika kebutuhan cairan kita terpenuhi, kita akan terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, hindari minuman manis saat sahur. Tidak hanya konsumsi yang asin yang membuat kita lemas, tetapi yang manis juga membuat lemas. Seperti teh manis misalnya. Yah, gula memang memberikan tambahan energi bagi kita, tapi itu hanya bersifat sementara. 
  • Olahraga
Selain memperhatikan yang kita konsumsi, ada baiknya juga kita beraktivitas fisik seperti olahraga. Dengan berolahraga, kita membuat tubuh kita menjadi bugar. Tapi, perhatikanlah banyak energi yang dibutuhkan untuk berolahraga, dan pilihlah olahraga yang ringan saja. Dikhawatirkan jika olahraga terlalu berat, maka akan menghabiskan energi terlalu banyak dan menghabiskan energi kita.
  • Jangan dirasakan
Ya, biasanya kalau di bulan puasa, kita akan semakin perhatian sama jam. Padahal, ada baiknya kita tidak usah begitu memikirkan puasa. Apalagi sambil memikirkan makanan dan minuman yang akan disediakan waktu berbuka nanti. Malah menggoda, you know? -_- Ada baiknya kita bersugesti positif bahwa kita kuat menahan lapar dan haus sampai waktunya tiba. Sama halnya perasaan takut, perasaan lapar dan haus juga dapat dikendalikan melalui pikiran. 

Daripada memikirkan rasa lapar, ada baiknya kita menyibukkan diri. Seperti olahraga (yang disebutkan di atas), membaca buku, menekuni hobi, atau yang lainnya. Bahkan lebih baik lagi, kita menyibukkan diri dengan beribadah. Selain waktu yang tidak terasa, pahala pun bisa kita dapatkan dengan beribadah.

OoOoO

Nah, semoga dapat bermanfaat ya!
Ganbatte ne, pasti kita bisa berpuasa sampai maghrib nanti! Yooosh~!

Source here and here

Komentar

  1. Oke Miichan, makasih tipsnya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ^^)/ Mari kita berpuasa dengan penuh semangat :D

      Hapus
  2. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar, ya, iCHA Chan ^w^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[INFO] Baca Detective Conan Online Berbahasa Indonesia di mana ya?

Holaa~ Miichan balik lagi~ Kali ini, Miichan mau kasih info tentang dimana kita bisa baca komik Detective Conan Indonesia online. Mungkin sudah banyak yang tahu dan ini udah umum banget. Tapi nggak ada salahnya Miichan post. Berikut adalah 3 situs yang Miichan rekomendasikan. Pertama, di  mangacanblog.com . Di sini bukan cuma Detective Conan. Masih banyak lagi manga yang ada di sini yang dapat kita baca online. Ini adalah situs manga online yang pertama kali Miichan tahu dan pertama kali Miichan buka. Ke dua , di  komikid.com . Di sini juga cuma bukan Detective Conan, tetapi bercampur dengan yang lain. Di ke dua situs ini cukup lengkap dan chapter nya selalu diperbarui jika sudah terbit ^^ Bagi penggemar manga  yang tidak hanya suka sama Conan, mungkin lebih cocok sama dua situs di atas karena bercampur dengan manga  yang lain, juga chapter nya selalu diperbarui. Tapi bagi yang suka manga Detective Conan saja seperti Miichan, Miichan lebih suka ke  conanianscanlation.blogspot.

All About SHINICHI KUDO - Tokoh-Tokoh di Detective Conan

Ohayou   minna!!   Ketemu lagi dengan Miichan :3 Akhir-akhir ini Miichan semangat ngeblog  niih, hehe.. Di post " Belajar Bahasa Jepang bersama Miyoko ", Miichan kan pernah nyantumin bahwa Miichan suka Detective Conan, hehe.. Nah, Miichan berniat mau bikin post  demi post  tentang DC dengan lengkap :D Tokorode , di post  ini Miichan mau bahas tentang SHINICHI KUDO . ~ SHINICHI KUDO Nama Jepang : 工藤 新一  Kudō Shin'ichi Nama Inggris : Jimmy Kudo Umur : 16 - 17 tahun Tinggi / Berat : 174 cm / Tidak diketahui Tanggal lahir : 4 Mei Orangtua : Kudo Yusaku & Kudo Yukiko Profesi : Siswa SMU Teitan // Detektif Muncul pertama kali di file  1 dan episode 1 Menjadi keyhole  volume 1 dan 62 Shinichi adalah tokoh protagonis utama di Detective Conan tetapi dalam wujud Conan (meski sekali-kali muncul sebagai wujud asli). Shinichi adalah anak kelas 2 SMU Teitan. Ia terkenal karena sering membantu kepolisian Tokyo. Ia lahir dari pasangan Yusaku Kudo, seorang penulis

RSP - Sakura ~Anata ni Deaete Yokatta~ (Lirik + Terjemahan)

SAKURA ~ANATA NI DEAETE YOKATTA~ Sakura ~Syukurlah Aku Bertemu Denganmu~