Langsung ke konten utama

Salam dan Ungkapan Sehari-Hari dalam Bahasa Jepang

Minna, konnichi wa~

Kesempatan kali ini, Miichan ingin memberikan beberapa salam dan ungkapan sehari-hari dalam Bahasa Jepang. Atau dalam Bahasa Jepangnya "毎日の挨拶と会話表現" / "Mainichi no Aisatsu to Kaiwa-Hyougen"

Langsung saja ya ^^)/


  • おはようございます / Ohayou gozaimasu / Selamat pagi
'Ohayou gozaimasu' adalah bentuk formal / sopan dari 'ohayou'. Biasanya 'ohayou' diucapkan kepada teman dekat atau yang lebih muda, sedangkan 'ohayou gozaimasu' digunakan untuk yang lebih tua atau kepada orang yang baru dikenal.
  • こんにちは / Konnichi wa / Selamat siang
'Konnichi wa' tidak memiliki bentuk formal atau informal. Yang perlu Miichan beritahu, 'wa' dari konnichi wa ditulis menggunakan 'ha' (は) bukan 'wa' (わ). 
  • こんばんは / Konban wa / Selamat malam
'Konban wa' juga tidak memiliki bentuk formal atau informal. Sama seperti 'konnichi wa', 'wa' dari 'konban wa' ditulis menggunakan 'ha' (は) bukan 'wa' (わ). 
  • おやすみなさい / Oyasuminasai / Selamat istirahat
Kalimat 'oyasuminasai' merupakan bentuk formal dari 'oyasumi' dan penggunaan formal / informal sama seperti penggunaan di 'ohayou gozaimasu'. Kalimat ini bisa berarti 'selamat malam' juga. Bedanya dengan 'konban wa', kalau 'konban wa' digunakan saat bertemu sedangkan 'oyasuminasai' digunakan saat berpisah.
  • もしもし / Moshimoshi / Halo
'Moshimoshi' digunakan untuk mengawali percakapan telepon.
  • また / Mata / Sampai jumpa lagi
Kata 'mata' terkadang dipasangkan juga dengan kata 'dewa' / 'ja' yang artinya sama-sama 'kalau begitu'. Sehingga bentuknya menjadi 'dewa mata' atau 'ja mata' yang berarti, 'kalau begitu, sampai jumpa lagi'. 

'Mata' juga bisa dipasangkan dengan waktu, misalnya dengan 'ashita' / 'besok' menjadi 'mata ashita' yang berarti 'sampai jumpa besok'. 
Atau dengan 'raishuu' / 'minggu depan' menjadi 'mata raishuu' / 'sampai jumpa minggu depan'
  • さようなら / Sayounara / Selamat tinggal
Jika 'mata' digunakan untuk perpisahan dalam waktu dekat, 'sayounara' digunakan dalam perpisahan dengan jangka waktu yang lama.
  • おつかれさまでした / Otsukaresama deshita / Terima kasih atas kerjasamanya
Biasanya digunakan ketika seseorang selesai bekerja.
  • お元気ですか? / Ogenki desu ka? / Apa kabar?
Biasanya dijawab dengan 'Okage-sama de genki desu' yang secara harfiah berarti 'berkat doamu, aku sehat'. Atau untuk lebih singkatnya cukup menjawab 'hai, genki desu' / 'aku sehat'
  • いってきます / Itte kimasu / Aku berangkat
Biasanya digunakaan saat kita berangkat dari rumah. Dan nanti akan dijawab 'Itte rasshai' / 'Hati-hati di jalan, ya'
  • ただいま / Tadaima / Aku pulang
Biasanya digunakan saat kita pulang ke rumah. Gampangnya, kalau orang Islam saat pulang bilang "Assalamu'alaikum" sedangkan orang Jepang bilang "Tadaima!". Lalu orang yang ada di rumah biasanya menjawab "Okaerinasai" (bentuk formal) "Okaeri" (bentuk informal) yang berarti "Selamat datang".
  • ありがとうございます / Arigatou gozaimasu / Terima kasih
Untuk informalnya, cukup gunakan 'arigatou' saja.
  • どういたしまして / Douitashimashite / Sama-sama
Untuk informalnya, cukup gunakan 'douita' saja.


Sekian~
Semoga bermanfaat ya! ^^)/
Mohon maaf kalau ada yang salah, Miichan juga baru pemula dan pikirannya melayang-layang saat membuat ini :D

Jya mata ne~

Komentar

  1. Mba Zahra,tolong terjemahin dong...ada teman yg tulis ginian tp saya nda ngerti
    じゃ、どうぞ 私のFbを見て。

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Miichan baru membalasnya, ya :)
      Itu artinya kira-kira: "Jadi, tolong / silakan lihat FB (facebook [?]) saya"

      Semoga membantu, ya. Terima kasih atas kunjungannya ^^

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya ke sini, Novia ^^

      Hapus
  3. wah bagus banget nih artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat, ya! ^ ^)

      Terima kasih untuk kunjungan dan komentarnya ^^

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
Luas wilayahnya 44.580.000 km²Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%Benua terbesar dengan populasi terpadat Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Model Sel Tumbuhan

Minggu lalu, Miichan bersama teman-teman sekelompok Miichan (Ina, Anneechan, Deannova), kumpul untuk membuat model sel ini dan hari Jum'at kemarin dikumpulkan ^^ Ini dia..



Sayangnya Miichan nggak ada di foto karena Miichan lagi sakit, jadi nggak masuk sekolah T_T
Ini keterangan dari model sel tumbuhannya : Bola hijau adalah model dari nukleolus dan bintik pinknya adalah model dari nukles (bagian dari nukleolus)Tali-tali biru di dekat bola hijau yang ada pink-pinknya adalah retikulum, sedangkan tali-tali merah di dekatnya di sebelah kanan (yang numpuk), itu adalah retikulum endoplasma halusTali gepeng merah bersama mangkok (?)dan bola-bola merah yang di dekat tali-tali biru adalah badan golgiSterofom biru di tengah-tengah adala vakuolaLingkaran gepeng kuning yang di tengahnya ada liukan gepeng jingga di bagian tengah adalah mitokandriaTiga lingkaran hijau dengan bulat-bulat kuning adalah kloroplasSterofom bagian samping yang berdiri tegak menjadi penutup model itu adalah dinding se…

Lirik Lagu "Si Patokaan" dan Maknanya

Minna, konbanwa!

Di kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan lirik lagu daerah dari Sulawesi Utara, yaitu "Si Patokaan". Dan pastinya nggak akan srek kalau belum dilengkapi makna dari liriknya. Oke, langsung saja! :D

~ SI PATOKAAN ~ Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang
Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang
Lagu ini memiliki pola penuturan pantun. Sementara maknanya sendiri adalah ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang Ibu pada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki. Perasaan khawatir ini erat kaitannya dengan sebab "sang anak hendak merantau". Jika dilihat lebih dalam, lirik lagu ini secara utuh mengandung doa dan motivasi. Oh ya, Si Patokaan sendiri berarti orang-orang yang termasuk dalam wilayah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Tet…