Langsung ke konten utama

Menyenangkannya Saat Ngeblog Bagi Miichan

Konbanwaa~

Setelah sekian lama berputar-putar di Mbah Google mencari inspirasi untuk artikel di blog ini, tiba-tiba Miichan teringat dengan kata-kata teman Miichan yang nyesek dan dalam banget. Kira-kira beginilah maksudnya :

"Apa enaknya ngeblog coba? Emang ada yang ngeliat blog kamu apa?"

Sebenarnya untuk rasa senang dan keseruan dalam membangun blog ini relatif ya. Jadi bisa saja antara satu blogger dengan blogger yang lain berbeda. Yah, tapi orang-orang yang belum pernah ngeblog relatif menganggap ngeblog itu kegiatan yang sepele, nggak seru, dan nggak ada gunanya. Bayangkan saja, kalau di dunia ini nggak ada blogger, menurut Miichan sih bakal susah buat nyari informasi di internet karena tidak ada blog yang menyediakannya :)

Semua saat-saat ketika Miichan ngeblog itu hampir menyenangkan.

Pertama-tama, Miichan mulai dengan kali pertama membuat blog. Miichan membuat blog ini dengan rasa iseng dan penasaran. Akhirnya jadilah blog ini dengan seadanya. Kemudian, Miichan melihat blog Miichan yang baru jadi. Kenapa templatenya tidak menarik?

Akhirnya, Miichan pun semakin mencari tahu dan rasa penasaran semakin besar. Saat memulai penyusunan bentuk template blog, ada rasa kesenangan tersendiri yang Miichan rasakan. Seperti .. umm.. Seperti rasa senang karena bebas untuk menentukan pilihan kita, warna dasar, dan bentuk. Pilihan widget yang banyak pun sampai membuat Miichan bingung. Karenanya, Miichan terus mencari bagaimana membuat tampilan blog menjadi baik dan menarik bagi Miichan, dan semoga bagi kalian juga :) Setelah selesai, ada rasa puas yang tersirat di benak Miichan.

Kemudian Miichan pun berpikir lagi. Kalau hanya tampilan yang menarik, apa semua orang tertarik? Miichan harus membuat isi yang bagus! Supaya banyak orang yang datang.

Untuk pertama-tama, Miichan membuat 2 artikel seputar SNSD. Karena sibuknya kegiatan di dunia nyata sekaligus malasnya Miichan membuka blog, akhirnya Miichan hiatus selama 1 semester. Dan kemudian pada 2013, Miichan kembali lanjut. Miichan kembali berusaha membangun blog yang sempat Miichan tinggalkan. Seperti ada rasa menyesal yang kemudian memotivasi Miichan dengan "Ini blogku sendiri, bagaimana mau maju kalau aku malas??"

Miichan pun terus berusaha membangun blog ini kembali yang rasanya dimulai dari nol lagi. Karena, ya, Miichan rasa Miichan 2 tahun lalu saat membuat template blog terlalu norak dan meriah, sehingga kembali Miichan sederhanakan. Saat membuat artikel pun, Miichan dulu harus berpikir keras karena masih belum terbiasa menulis artikel. Bahkan bisa saja dalam 1 minggu hanya 1 artikel yang jadi. Tapi seiring dengan perasaan dan semangat Miichan, serta kemampuan yang semakin terlatih, akhirnya akhir-akhir ini Miichan bisa menulis lebih dari 1 artikel dari 1 hari.

Tapi, setelah desain dan isi jadi, ada rasa kurang puas yang masih mengganjal. Kenapa.. kenapa tidak ada tanda-tanda orang datang ke sini? Statistik blog memang menunjukkan jumlah orang yang datang, tapi tidak ada jejak seperti komentar sehingga Miichan benar-benar sedih. Miichan pun mempromosikan blog ini. Statistik semakin naik, tapi masih belum ada yang berkomentar. Akhirnya, suatu hari pun ada teman Miichan yang komentar (*pokeNamira). Miichan merasakan ada bahagia dan segala macam rasa kesenangan bercampur aduk. Sejak itu, Miichan bertekad untuk meraih lebih banyak pengunjung dan jejak mereka untuk kembali merasakan perasaan itu.

Tapi, pernah pula, ada yang berkomentar dengan komentar ketidakpuasan. Seperti "Maaf, bukannya blablablabla?" atau "Kok agak gaje sih," Saat membacanya, ada perasaan sedih, kecewa, menyesal, dan lainnya. Tapi Miichan pun sadar dengan mereka berkata seperti itu, berarti mereka masih peduli dengan blog ini dan ingin blog ini bisa lebih maju lagi :')

Dan kesenangan lainnya saat isi blog kita disebarkan, lebih lagi dengan menyertakan link sumber dan lebih lagi jika mendapat ucapan 'permisi' & 'terima kasih' untuk mengambilnya. Miichan seperti merasa bahwa "Wah, artikel ini disukai, sampai mau disebarkan" dan jujur, malah Miichan yang ingin berterima kasih pada mereka ^^ Dengan catatan bahwa mereka menyertakan sumber pengambilannya.

Akhir-akhir ini, Miichan menemukan kesenangan yang baru. Saat bertemu dengan blogger lainnya. Miichan dan blogger itu saling bertukar pendapat dan saling mengunjungi blog satu sama lain. Selain itu, ada pula kesenangan karena teman Miichan ingin membuat blog juga setelah melihat blog Miichan :)

Yah, meskipun memang benar, bahwa tidak sepenuhnya blog itu menyenangkan. Masih ada rasa kurang menyenangkannya seperti  'resiko dibajak', 'resiko mendapat komentar bernada negatif', dan sebagainya. Tapi, Miichan rasa ini bergantung dari bagaimana sudut pandang kita melihatnya. Jujur saja, Miichan tidak takut dan benci dengan rasa kurang menyenangkan. Ya, karena Miichan sudah terlanjur senang dan menemukan kebahagiaan tersendiri saat ngeblog sampai semua resiko itu terlupakan. Beda, dengan blogger lain (mungkin) atau mungkin teman Miichan yang Miichan sebutkan di paling atas tadi, yang menganggap blog itu tidak seru, tidak menyenangkan, ribet, dan sebagainya. Dijamin, tidak akan merasakan kesenangan total saat menulis blog ^^

Kesimpulannya, menurut Miichan segala hal yang kita anggap menyenangkan dan dapat bermanfaat pula, tidak akan sampai pada titik bosan kita. Ini cuma perasaan menyenangkan ngeblog versi Miichan seorang. Nah, kalau begitu, bagaimana kalau kalian berbagi cerita juga di kolom komentar? ^^

Komentar

  1. Aku jg sedih klo ada yg ngatain entriku gaje atw apalah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi meskipun begitu, kita tetap harus menyikapinya dengan positif ya ^^
      Terima kasih ya, iCHA, sudah berkunjung dan berkomentar ^^

      Hapus
    2. Sama-sama, semoga bermanfaat ya ^w^)/

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Benua Terbesar

Konban wa, minna-san! Kita tinggal di Bumi, yang tentunya memiliki beberapa benua. Di sini, Miichan mau mengurutkan dari benua yang terbesar ke yang terkecil! Semoga bermanfaat!


1. Asia
Luas wilayahnya 44.580.000 km²Memiliki prosentase daratan sampai 29,4%Benua terbesar dengan populasi terpadat Wilayahnya benua Asia mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, Laut Marmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia dan Pasifik.

Model Sel Tumbuhan

Minggu lalu, Miichan bersama teman-teman sekelompok Miichan (Ina, Anneechan, Deannova), kumpul untuk membuat model sel ini dan hari Jum'at kemarin dikumpulkan ^^ Ini dia..



Sayangnya Miichan nggak ada di foto karena Miichan lagi sakit, jadi nggak masuk sekolah T_T
Ini keterangan dari model sel tumbuhannya : Bola hijau adalah model dari nukleolus dan bintik pinknya adalah model dari nukles (bagian dari nukleolus)Tali-tali biru di dekat bola hijau yang ada pink-pinknya adalah retikulum, sedangkan tali-tali merah di dekatnya di sebelah kanan (yang numpuk), itu adalah retikulum endoplasma halusTali gepeng merah bersama mangkok (?)dan bola-bola merah yang di dekat tali-tali biru adalah badan golgiSterofom biru di tengah-tengah adala vakuolaLingkaran gepeng kuning yang di tengahnya ada liukan gepeng jingga di bagian tengah adalah mitokandriaTiga lingkaran hijau dengan bulat-bulat kuning adalah kloroplasSterofom bagian samping yang berdiri tegak menjadi penutup model itu adalah dinding se…

Lirik Lagu "Si Patokaan" dan Maknanya

Minna, konbanwa!

Di kesempatan kali ini, Miichan ingin membagikan lirik lagu daerah dari Sulawesi Utara, yaitu "Si Patokaan". Dan pastinya nggak akan srek kalau belum dilengkapi makna dari liriknya. Oke, langsung saja! :D

~ SI PATOKAAN ~ Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang Sayang sayang, Si Patokaan Mantego-tego gorokan Sayang
Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang Sako mangemo tanah man jauh Mangemo milei lek lako Sayang
Lagu ini memiliki pola penuturan pantun. Sementara maknanya sendiri adalah ungkapan perasaan cinta sekaligus khawatir dari seorang Ibu pada anaknya yang sudah beranjak dewasa dan telah wajib mencari nafkah sendiri, biasanya anak laki-laki. Perasaan khawatir ini erat kaitannya dengan sebab "sang anak hendak merantau". Jika dilihat lebih dalam, lirik lagu ini secara utuh mengandung doa dan motivasi. Oh ya, Si Patokaan sendiri berarti orang-orang yang termasuk dalam wilayah Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Tet…